Kucing dan Anjing Bisa Akur saat Dipelihara Bersamaan, Bagaimana Caranya?

oleh -457 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada berbagai mitos mengenai hewan yang sering kita dengar. Namun sebenarnya tidak semua mitos ini benar, lo, teman-teman. Contohnya seperti mitos anjing dan kucing yang tidak bisa akur satu sama lain. (cva)

Tak jarang, banyak orang yang memelihara kedua hewan ini sekaligus secara bersamaan dengan harapan agar peliharaan mereka bisa bersahabat satu sama lain. Tak perlu khawatir, sebab kucing akan bisa akur terhadap anjing. Berikut ini adalah fakta yang mengiringinya.

Keduanya Memiliki Rentang Hidup yang Sama

Ada beberapa jenis kucing dan anjing yang memiliki usia hingga 20 tahun. Namun, kedua hewan ini rata-rata memiliki rentang usia yang sama, yakni 12-14 tahun. Rentang usia ini bisa semakin bertambah jika kedua binatang peliharaan ini memiliki kualitas hidup yang baik dan sehat.

Dengan rentang usia yang sama, membuat kucing dan anjing juga memiliki fase yang mirip. Jika sama-sama diperkenalkan saat masih bayi atau rentang usia 6 minggu, kucing dan anjing akan mampu beradaptasi dan bisa bermain bersama. Chemistry juga akan meningkat saat mereka selalu bersama-sama di dalam rumah untuk kurun waktu yang lama.

Keduanya Tetap Bisa Akur Meskipun Berkepribadian Berbeda

Kucing memiliki karakteristik yang cenderung pendiam, penyendiri, dan terlihat sering bermalas-malasan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan pecinta kucing.

Sementara itu, anjing adalah binatang yang cenderung ceria, ramah, dan memiliki kepekaan tinggi terhadap manusia serta binatang lainnya. Maka tak heran jika di mata kebanyakan orang, anjing terlihat seperti sahabat sedangkan kucing terlihat seperti adik atau anak.

Persahabatan antara kedua binatang lucu ini akan bisa terbentuk walaupun mereka memiliki kepribadian yang berbeda. Justru melalui perbedaan inilah yang mampu membentuk komunikasi sehingga kucing peliharaan kamu bakal lebih bisa bersahabat dengan anjing.

Keduanya Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Sama

Lewat tingkahnya yang manja dan sering bermalas-malasan, kucing terkenal sebagai hewan dengan tingkat kecerdasan yang rendah. Hal ini bertolak belakang dengan anjing yang terkenal sebagai hewan cerdas lantaran mudah untuk manusia latih, ramah terhadap siapa saja, dan berkontribusi dalam berbagai pekerjaan manusia. Padahal, stigma tersebut salah besar, lho. Melansir dari Psychology Today, kucing memiliki jumlah neuron otak yang sama dengan anjing. Hal ini membuat kucing mempunyai pikiran yang kompleks dalam mengambil keputusan. Tingkat kecerdasan keduanya tidak hanya berdasarkan karakter naturalnya saja. Lebih jauh lagi, kucing yang cenderung tenang dan malas memiliki implementasi yang berbeda dalam mengolah kecerdasannya. Berbeda dengan anjing yang aktif dan suka bersosialisasi.

Ternyata, anjing dan kucing bisa akur satu sama lain, kok. Bahkan kita bisa memelihara kucing dan anjing secara bersamaan dalam satu rumah. Memang untuk bisa memelihara kedua hewan ini secara bersamaan dalam satu rumah diperlukan beberapa cara khusus.

Simak caranya berikut ini, yuk!

Kenalkan Keduanya Sejak Kecil

Jika teman-teman ingin memelihara kucing dan anjing dalam satu rumah dan membuat mereka akur, maka cara yang bisa dilakukan adalah memelihara kedua sejak masih kecil. Anak anjing dan anak kucing masih belum mengerti mengenai hubungan untuk hidup berdampingan dengan hewan lainnya.

Maka, keduanya bisa saling menganggap satu sama lain sebagai ancaman kalau kita mengenalkan mereka saat usianya sudah dewasa. Namun kalau keduanya tumbuh bersama sejak masih kecil, maka keduanya akan memiliki ikatan yang kuat satu sama lain.

Ciptakan Lingkungan yang Baik

Meski sebaiknya kedua hewan ini kita kenalkan satu sama lain sejak kecil, bukan berarti kita tidak bisa memelihara mereka saat usianya sudah bukan lagi anak-anak. Kalau teman-teman memutuskan memelihara kucing dan anjing saat mereka sudah besar, pastikan untuk ciptakan suasana yang baik di rumah, ya.

Selain itu, kita juga harus mengetahui bagaimana keduanya saling merespon satu sama lain. Pemilik juga harus menciptakan lingkungan dan suasana sekitar yang baik untuk memperkenalkan anjing dan kucing.

Kenalkan Bau Khas Masing-Masing Hewan

Jika teman-teman ingin mengenalkan kedua hewan ini, cara yang berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengenalkan mereka melalui bau atau aroma khas masing-masing. Caranya bisa dengan menggosokkan benda tertentu ke tubuh salah satu hewan tersebut, kemudian berikan benda itu ke hewan peliharaan di rumah.

Dengan cara ini, hewan peliharaan di rumah akan mengenali bau atau aroma khas hewan itu. Hal ini akan membuat ia menjadi ‘kenal’ lebih dulu dengan hewan yang akan dikenalkan kepadanya.

Mengawasi Tingkah Laku Masing-Masing Hewan

Cara terakhir dalam mengenalkan kedua hewan ini adalah dengan cara mengawasi tingkah laku masing-masing hewan. Beberapa kesulitan atau kegagalan dalam mengenalkan kucing dan anjing satu sama lain disebabkan karena sifat anjing.

Anjing memiliki sifat yang cenderung suka mengejar, juga bergerak cepat untuk menghampiri benda atau hewan lain oleh karena insting alaminya. Jika anjing sudah mengejar kucing, maka kucing akan merasa tidak nyaman dan berlari menjauh.

Kemudian, tugas kita adalah untuk menenangkan atau mencegah mereka saling berkejaran. Cara mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang tali atau leash pada anjing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.