Leonardo da Vinci, Manusia Serba Bisa

oleh -304 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –┬áLeonardo da Vinci adalah seorang pelukis yang lahir pada Kota Vinci, dekat Empoli, Italia pada tahun 1452. (angga)

Leonardo da Vinci memiliki julukan “Manusia Serba Bisa” karena keahliannya dalam menguasai banyak bidang. Ia menguasai anatomi, botani, zoologi, kartografi, aeronautika, mekanika, geologi, astronomi, optika, matematika, suara, senjata, hidrotika, hingga tata kota dan jembatan.

Selain itu, ia juga seorang tokoh Renaisans, penyair, musikus, arsitek, pemahat, pengarang, insinyur, filsuf, dan juga seorang ilmuwan.

Pada usianya yang baru menginjak 15 tahun, ia belajar melukis dan memahat oleh Verrochio, seorang pelukis terkenal di Kota Florence.

Saat berusia 30 tahun, ia bekerja pada seorang kepala daerah Milan yang bernama Sforza selama 17 tahun sebagai pelukis, insinyur, dan penasihat militer.

Baca Juga : Pelukis, Sapuan Kuas Memperindah Dunia

Pada usia 54 tahun, ia melukis salah satu lukisan yang paling fenomenal sepanjang masa yaitu lukisan Mona Lisa.

Source : Google Images

Selain Mona Lisa, lukisannya yang juga terkenal adalah lukisan yang diberi nama makan malam terakhir.

Leonardo meninggal dunia di tahun 1519 pada usia 67 tahun. Selama masa hidupnya, ia telah menghasilkan ribuan karya yang fenomenal hingga masa kini.

Pertempuran Anghiari, salah satu lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal di dunia.Selain lukisan Pertempuran Anghiari lukisannya yang juga terkenal antara lain lukisan Salvador Mundi, Annuciation, dan Ginevra de Benci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.