Manfaat Cabai yang Jarang Orang Tahu

oleh -183 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cabai menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia. Kamu suka makan makanan pedas yang berbahan cabai? Tahukah kamu? Ternyata ia menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. (cva)

Apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Yuk, cari tahu!

1. Menjaga Ketajaman Penglihatan

Tahukah kamu? Cabai rawit punya kandungan vitamin A yang tinggi, lho. Kandungan vitamin A pada cabai rawit lebih tinggi dibanding cabai hijau maupun cabai merah.

Nah, vitamin A ini tentu banyak khasiatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjaga ketajaman penglihatan. Selain itu, vitamin A juga bisa membantu mencegah infeksi akibat virus.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Cabai mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, vitamin C pada tanaman ini hanya sebagai penyumbang jika dari makanan lain belum cukup dan efeknya hanya berlangsung sebentar. Meski begitu, vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gusi.

3. Mencegah Gangguan Usus

Rasa hangat setelah mengonsumsi cabai dapat melancarkan sirkulasi darah. Selain itu juga dapat mencegah gangguan usus.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Senyawa alami pada buah ini yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah adalah Dihydrocapsaicin (DHC). Senyawa ini memiliki kemampuan untuk memacu metabolisme karbohidrat sehingga jumlah gula yang terserap tubuh menjadi tidak berlebihan.

5. Cegah Kanker

Banyak ahli di berbagai negara menemukan bahwa buah ini juga dapat mencegah dan menyembuhkan kanker.

Belum ada bukti ilmiah mengenai hal ini, tapi manfaatnya sangat mungkin ada karena terbukti kaya akan antioksidan.

6. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Jantung

Walaupun penelitiannya masih dilakukan lebih lanjut, kandungan capsaicin lainnya yang ada tidak mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, capsaicin ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

7. Memperpanjang umur

Menurut penelitian, orang yang telah memakan makanan pedas dalam waktu minimal sekali dalam satu minggu, cenderung dapat memperpanjang umur. Walaupun fakta ini masih terdengar asing, tetapi tidak ada salahnya makanan pedas setidaknya sekali dalam seminggu.

8. Mengatasi hidung tersumbat

Jika sedang flu, rasanya sulit untuk bernafas karena hidung tersumbat. Memakan makanan pedas yang mengandung cabai ternyata dapat melegakan hidung tersumbat. Apalagi ditambah dengan kuah panas, seperti makan bakso.

Hal tersebut membuat hidung terasa lebih lega karena panas dan pedas yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Tetapi, jangan lupa untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *