Manfaat Rumput Gandum untuk Kucing

oleh -122 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada banyak manfaat rumput gandum untuk kucing, lho. Yap, selain memakan daging, kucing juga bisa makan rumput. Walaupun merupakan karnivora atau hewan pemakan daging, kucing memang kadang-kadang terlihat makan rumput. (cva)

Salah satu rumput yang sering kucing konsumsi adalah rumput gandum atau wheatgrass. Bahkan, ada bibit rumput gandum yang dijual khusus untuk kucing. Apa saja manfaat rumput gandum untuk kucing, ya? Yuk, cari tahu!

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Sama seperti tumbuhan lainnya, rumput gandum mengandung serat. Nah, serat dalam rumput gandum bisa membantu memperlancar sistem pencernaan kucing.

Rumput gandum bisa mengatasi sembelit pada kucing. Biasanya sembelit ini terjadi karena adanya bulu yang belum dikeluarkan kucing atau yang biasa disebut muntah bulu.

2. Lebih Mudah Muntah

Mungkin teman-teman bingung. Mengapa lebih mudah muntah itu baik untuk kucing? Bukannya muntah tanda sakit?

Kucing memang sering muntah. Bahkan, kadang-kadang muntahnya hanya dalam bentuk cairan atau dalam jumlah yang sedikit. Meski sering melakukannya, sensasi muntah sebenarnya juga tidak kucing sukai.

Namun, ternyata kucing tahu bahwa muntah akan “membersihkan” perut mereka. Maka sebab itu, kucing akan mencari rumput, terutama rumput gandum kalau mereka sedang tidak enak badan. Atau ketika mereka butuh bantuan untuk mengeluarkan bola bulu atau benda asing di perutnya.

3. Memperlancar Aliran Darah

Bersumber dari Kompas.com, rumput gandum mengandung klorofil dan asam folat, yang membantu produksi hemoglobin, protein yang menggerakkan oksigen melalui darahnya.

Artinya, kucing jadi lebih punya banyak energi untuk berburu. Energi ini juga bisa membuatnya jadi lebih lincah saat bermain.

4. Vitamin

Sama seperti tumbuhan lainnya, rumput gandum juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Vitamin tentu bisa menjaga kesehatan kucing

Vitamin E mengandung antioksidan. Artinya dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, vitamin E juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Lalu vitamin B, terutama B3 dan B12, dapat mempercepat metabolisme, menjaga kesehatan kulit, dan bulu. Selain itu, vitamin ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan, mencegah anemia, mengurangi risiko kanker pankreas, dan menstimulasi sistem saraf.

Waspada Pestisida atau Bahan Kimia Lainnya

Meski rumput tidak berbahaya untuk kucing, kita tetap harus hati-hati dan perhatikan rumput yang dimakan oleh mereka.

Sebab, rumput yang ada di luar ruangan berisiko terkena pestisida atau bahan kimia lainnya.

Kalau kucing memakan rumput yang mengandung bahan-bahan itu, jadinya malah berbahaya.

Lebih baik, kita tanam sendiri bibit rumput gandum di pot kecil. Lalu tempatkan di dalam ruangan agar lebih aman untuk kucing, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.