Mengenal Buah Zuriat dan Manfaatnya

oleh -279 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahukah kamu apa itu buah zuriat? Untuk yang belum tahu, kita akan mengenal buah zuriat dan manfaatnya. Buah zuriat atau yang kita kenal dengan buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Habitat asli dari buah zuriat sendiri berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir. Buah zuriat memiliki bentuk bulat dengan ukuran 6×5 cm. Warna dari buah ini yaitu kuning hingga cokelat dan memiliki rasa yang manis seperti roti jahe. Itulah mengapa tidak heran jika buah zuriat juga sering disebut sebagai buah gingerbread. (tika)

Salah satu manfaat buah zuriat yaitu sebagai bahan makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat. Tak hanya itu, manfaat buah zuriat berasal dari kandungan makronutrisi yang ada di dalamnya, seperti beraneka ragam vitamin terutama jenis vitamin B dan mineral seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu, pada beberapa studi juga menyebutkan apabila terdapat manfaat buah zuriat lainnya
yaitu sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. Manfaat buah zuriat tersebut berasal dari kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi.

Ada beberapa manfaat buah zuriat yang jarang diketahui. Yuk intip beberapa manfaat dari buah zuriat.

1. Baik untuk ibu hamil

Berdasarkan hasil penelitian yang di publikasikan oleh US National Library of Medicine, buah zuriat memiliki kandungan folat yang sangat tinggi. Kandungan folat tersebut sangat baik dalam membantu proses tumbuh kembang janin. Selain itu, kandungan asam folat juga berguna untuk mencegah timbulnya risiko kelainan saraf pada bayi dan akhirnya lahir cacat. Buah zuriat juga ternyata berguna untuk memperkecil risiko keguguran pada ibu hamil.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah zuriat selanjutnya yaitu berdasarkan kandungan antioksidannya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Zat antioksidan juga mampu menurunkan level trigliserida yang pada akhirnya akan menurunkan kadar kolesterol total kamu menjadi kurang dari 200 mg/dL.

3. Menyehatkan jantung

Kadar kolesterol yang normal membuat lemak tidak menempel pada dinding arteri (pembuluh darah) jantung sehingga jantung kamu tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal. Tidak terganggunya kinerja jantung ini mengakibatkan kamu tidak rentan terkena penyakit jantung koroner maupun stroke.

4. Melancarkan haid

Manfaat buah zuriat bagi wanita sangat berguna untuk melancarkan haid. Mengonsumsi rebusan buah zuriat dapat membantu agar haidmu lebih teratur ketika datang bulan. Hal ini karena buah zuriat dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga dapat membantu kamu.

Nah, bagaimana setelah mengenal buah zuriat dan manfaatnya. Apakah kamu tertarik ingin mencobanya?

Baca juga:

Ini Buah yang Mengandung Kolagen Tinggi

Ini 5 Makanan Penyebab Bau Badan!

Kandungan Skincare Untuk Menghilangkan Milia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.