Mengenal Filosofi Kaizen, Sedikit Tapi Konsisten!

oleh -367 views
source: kajianpustaka.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu mendengar filosofi kaizen? Filosofi ini berasal dari negara Jepang, kaizen berasal dari dua buah kata, ‘kai’ yang artinya berubah dan ‘zen’ yang berarti kebijaksanaan. Jadi, filosofi kaizen adalah perubahan menjadi lebih baik secara bijaksana. Prinsip ini juga banyak yang menyebutnya dengan prinsip 1 menit. Yuk kita mengenal filosofi kaizen! (tika)

Mengapa disebut dengan prinsip 1 menit? Hal ini karena prinsip ini mengutamakan untuk melakukan suatu hal minimal satu menit setiap harinya namun konsisten. Misalnya, kamu ingin melakukan olahraga tapi malas sekali. Kamu bisa mencobanya setiap hari minimal satu menit saja. Seiring berjalannya waktu, 1 menit ini akan bertambah dua menit, 3 menit dan seterusnya.

Filosofi kaizen ini bisa dilakukan untuk siapa saja dan bisa kamu mulai hari ini juga. Kamu bisa memulai dengan menganalisis tujuan kamu terlebih dahulu, kemudian kamu bisa memikirkan sesuatu dari hal yang kecil. Sederhana namun harus rutin. Setelah itu kamu bisa langsung lakukan setiap hari dan ciptakan lingkungan yang positif untuk mendukung kamu.

Banyak manfaat dari filosofi kaizen ini, apa saja ya?

Menjadi lebih baik

Menerapkan filosofi kaizen ini tentunya akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. Karena hal positif yang konsisten kita lakukan walaupun hal kecil akan menjadi suatu kebiasaan yang baik. Tanpa kamu sadari kamu juga akan terus bertumbuh menjadi lebih baik.

Mengurangi stress

Dengan melakukan prinsip 1 menit ini, ketika kamu sudah melakukannya akan merasa lega karena sudah bertanggung jawab. Hal ini akan membuatmu terasa lebih bahagia dan mengurangi stres. Tugas-tugas yang menumpuk juga akan berkurang karena kamu bisa menyicil setiap hari tanpa menunda-nunda.

Meningkatkan produktifitas

Tentunya akan meningkatkan produktifitas kita, karena prinsip ini menekankan untuk melakukan suatu hal walaupun sedikit. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda-nunda pekerjaan karena hanya sebentar.

Nah, bagaimana? Itulah manfaat mengenal filosofi kaizen, sedikit tapi konsisten.

Baca juga:

Mengenal Slow Living dan Tips Menikmati Hidup

Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

Mengenal Kakeibo, Metode Mengelola Uang Ala Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.