Mengenal Typhoon Class, Kapal Selam Terbesar di Dunia

oleh -341 views
Typhoon Class

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kita membahas soal kekuatan militer suatu negara, tidak sedikit orang pastinya akan Rusia merupakan negara dengan kekuatan mliter yang sangat hebat. Yups, Rusia menjadi negara kedua yang memiliki kekuatan militer yang besar menurut Global Fire Power. Sebagai buktinya, Rusia memiliki Typhoon Class yang merupakan kapal selam terbesar di dunia. (fb)

Typhoon Class sendiri merupakan kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir atau SSBN milik Rusia. Ia pertama kali bertugas di Angkatan Laut Uni Soviet pada tahun 1980-an.

Spesifikasi

Typhoon-class submarine - Wikipedia
Source by Wikipedia

Denga panjang 175 meter, lebar 23 meter, tinggi 12 meter, dan bobot mencapai 48.000 ton membuat kapal selam ini mendapat julukan sebagai kapal selam terbesar di dunia.

Untuk dapur picunya sendiri pun tidak usah kita ragukan. Kapal selam ini digerakan oleh dua reaktor nuklir, dua turbin uap dengan 50.000 hp, serta empat turbogenerator 3.2000 KW. Dengan membawa mesin tersebut, kapal selam ini mampu mengeluarkan kecepatan hingga 22,22 knot atau 25,57 mil per jam di permukaan air. Sedangkan di dalam air, kapal ini mampu mencapai kecepatan hingga 27 knot atau 31 mil perjam.

Sedangkan untuk kapasitas penampungan krunya sendiri, Typhoon Class mampu membawa 160 orang dalam sekali perjalanan. Perjalanan yang dapat ia tempuh pun terbilang cukup lama yakni 120 hari dengan mampu menyelam hingga kedalaman 400 meter.

Persenjataan

Submarine cutaway - Russian TYPHOON Class SSBN by HISutton on DeviantArt
Source by DevianArt

Karena ukurannya yang sangat besar, kapal ini pun membawa persenjataan yang tidak main-main. Ia membawa

Karena ukurannya yang sangat besar, kapal ini pun membawa persenjataan yang tidak main-main. Ia membawa 20 rudal balistik antarbenua berjenis RSM-52 yang masing-masing rudalnya mampu menampung 100kt hulu ledak nuklir. Selain itu, ia juga membawa enam tabung torpedo 522 mm dan torpedo tipe 53.

Baca juga: artikel lainnya mengenai

B-2 Spirit, Pesawat Pengebom Paling Ditakuti di Dunia

LensArt: Selami Dunia Visual, Saling Berbagi dan Kolaborasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.