Militer Israel: Kekuatan dan Kemajuan Persenjataannya

oleh -108 views
Source: Republika Online

ZETIZEN RADRA CIREBON– Konflik Israel-Palestina saat ini kembali memanas. Setelah para tentara dan polisi Israel menyerbu Masjid Al- Aqsa dan mengganggu jamaah yang sedang beribadah. Oleh karena itu, Hamas meluncurkan ratusan roket ke wilayah Israel, namun berhasil dihadang oleh Iron dome milik militer Israel. (IND)

Terlihat bahwa sistem pertahanan Israel memiliki kelengkapan yang bagus. Alat-alat pertahanan dan persenjataan Israel sudah sangat maju. Sehingga, mereka bisa meminimalisir segala ancaman yang mengancam warga negaranya. Oleh karena itu, victim yang ditimbulkan pun tidak terlalu parah.

Seperti apa sih kehebatan militer Israel?, Yuk simak penjelasannya berikut.

Seperti yang terkutip dalam Suara.com TRTWorld, situs berita Turki sempat membahas kekuatan militer baik Palestina maupun Israel. Disebutkan, Pasukan Pertahanan Israel (Israeli Defence Forces/IDF) memiliki berbagai macam alat pertahanan berbasis teknologi yang mumpuni baik buatan dalam negeri maupun luar negeri.

IDF memiliki hampir 170.000 personel militer aktif, sementara itu ada lebih dari 3 juta pria dan wanita warga Israel yang secara sukarela kapan saja untuk dinas militer. Jumlah tersebut tergolong sangat kuat untuk sebuah negara dengan populasi penduduk sekitar 9 juta jiwa.

Dari segi pendanaan, Israel juga tidak main-main. IDF memiliki anggaran yang cukup fantastis, yaitu US$ 20,5 miliar atau setara Rp 297 triliun (kurs Rp 14.500/US$). Dana tersebut selalu tersedia untuk belanja militer.

Persenjataan Militer Israel

Soal persenjataan, Israel juga memiliki fasilitas yang sangat andal. Produksinya dilakukan di dalam dan di luar negeri. Israel memproduksi senjatanya sendiri dan terkenal sebagai eksportir besar senjata di dunia. Negara-negara seperti Rusia dan Amerika serikat merupakan kliennya.

Negara ini juga mengembangkan senjata nuklir secara rahasia. Senjata tersebut kabarnya belum diproduksi di bawah Perjanjian Non-Proliferasi (NPT), perjanjian internasional yang mengatur aturan inventaris nuklir dunia.

Angkatan Udara Israel memiliki kurang lebih 684 jet tempur serta memiliki 34.000 personel aktif.

Baca Juga: Ironclad, Kapal Perang Revolusioner Dengan Desain yang Unik

Angkatan Laut Israel memiliki 10.000 personel tugas aktif. Divisi ini juga memiliki 4 korvet (kapal perang ukuran kecil), 8 kapal rudal, 5 kapal selam, 45 kapal patroli, dan 2 kapal pendukung.

Lebih mengejutkan lagi, Israel ternyata memiliki sistem pertahanan udara yang, yaitu Iron Dome. Pertahanan tersebut efektif bisa melindungi Israel dari serangan roket musuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *