Mobil Listrik Pertama di Dunia Buatan Tahun 1881

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sebagian besar orang, mobil listrik merupakan hal baru yang saat ini sedang berada dalam tahap pertumbuhan yang cukup signifikan. Pasalnya selama ini banyak mobil yang menggunakan bahan bakar bensin atau diesel. (cva)

Tetapi ternyata kehadiran mobil listrik sendiri sudah ada sejak lama, lebih tepatnya pada tahun 1881 silam. Mungkin pada saat itu kita semua masih belum lahir. Sehingga tidak menyadari bahwa terdapat sebuah penemuan yang cukup luar biasa tersebut.

Sejarah

Mobil listrik pertama di dunia ini dibuat oleh Gustave Touve di Prancis. Setelah 140 tahun berlalu, mobil listrik tersebut dihidupkan kembali dalam bentuk replika. Demikian mengutip dari Autocar.

Mobil listrik pertama ini menjadi bukti sejarah dan evolusi penting dalam dunia otomotif. Meskipun mobil listrik tersebut hanya memiliki tiga roda dan keamanannya juga tidak terlalu terjamin.

“Saya tidak pernah membayangkan jika sesuatu seperti ini sudah menggunakan tenaga listrik pada tahun 1881. Kupikir ini baru muncul di tahun 1900 ataupun 1910,” ucap Patrick Chargueron, yang merupakan salah satu keturunan Gustave Touve.

Pada zaman itu memang banyak kejutan yang terjadi. Namun tidak ada yang menyangka kendaraan listrik sudah beredar pada saat itu. Dan baru beberapa tahun kemudian kendaraan pembakaran internal mulai masyarakat temukan.

“Sangat menarik untuk melihat sejarah EV dan untuk memahami bahwa, seperti yang kita lihat sekarang, mereka bukanlah teknologi modern,” kata Catherine Griffin, kurator dari British Motor Museum di Gaydon.

Catherine menjelaskan pada tahun 1800-an, penggerak elektrik benar-benar luas dan memiliki manfaat yang sama persis dengan yang ada sekarang. Lebih bersih dan lebih senyap. Namun perjalanan EV tidak mudah, terlebih saat era kendaraan mobil bensin hadir.

“Karena jalan menjadi lebih baik dan kota-kota mulai terhubung, kendaraan listrik mulai menemukan kesulitan akibat jarak tempuh dan kesulitan untuk mencapai tempat-tempat yang berbeda. Dengan harga bensin yang terjangkau serta produksi mobil bermesin pembakaran internal lebih murah, membuat kendaraan bermensin lebih mudah produksi massal,” ucap Catherine.

Kini, kendaraan listrik mulai bangkit kembali dan mencoba menjadi solusi untuk bisa menekan emisi gas buang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.