Morrígan, Dewi Kematian Bangsa Celtic

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Morrígan, atau “Phantom Queen“, adalah Dewi Celtic yang menakutkan. Ia adalah dewi kematian dan pertempuran Irlandia. Morrígan atau Anann ialah penjaga takdir dan pemberi ramalan. (cva)

Etimologi

Morrígan atau Morrígu, adalah bentuk anglicized dari Mór-Ríoghain Gaelik. Mór telah dikaitkan dengan kata Proto-Indo-Eropa yang berarti “teror” (yang muncul dalam bahasa Inggris dari kata “nightmare“) dan Ríoghain , yang berarti “ratu,” memiliki kesamaan dengan bahasa Latin “regina“.

Ia terkenal dengan julukan “Phantom Queen“, sebuah gelar yang mengakui hubungannya dengan orang mati.

Atribut

Morrígan mengambil banyak bentuk. Dia sering muncul dalam berbagai bentuk dalam setiap cerita. Bentuk yang paling umum adalah gadis cantik, ratu prajurit yang siap berperang, atau nenek tua, serta burung gagak.

Keluarga

Ia adalah putri Ernmas, ibu-dewi yang juga merupakan putri Nuada , raja Tuatha Dé Danann. Ayahnya tetap tidak diketahui. Saudara-saudaranya adalah Ériu, Banba, dan Fódla, yang merupakan tiga dewi yang mewakili semangat dan kedaulatan Irlandia. Serta terdapat pula Badb dan Macha, yang dengannya Morrígan membentuk tiga dewi perang. Saudara laki-lakinya adalah Glon, Gnim, Coscar, Fiacha, dan Ollom.

Dia menikah dengan Dagda, dewa agung dan kepala Tuatha Dé Danann.

Mitologi Lain

Arthurian, Bohemia, dan Nordik

Para ilmuwan menemukan tokoh serupa dalam sejarah Arthurian. Salah satu tokoh tersebut adalah Morgan le Fay, antagonis hebat dari legenda Arthurian, yang memiliki banyak kesamaan atribut dengan Phantom Queen. Keduanya adalah Dewi yang muncul dalam berbagai bentuk dan meramalkan masa depan dengan akurasi yang menakutkan. 

Dia mirip dengan Germanic Perchta dan Odin (Nordik) dalam hubungannya dengan gagak, kematian, dan perang.

Ulster Cycle

Morrígan muncul secara mencolok di Ulster Cycle. Di mana dia digambarkan sebagai individu tunggal yang dapat mengambil berbagai bentuk. Dia membantu kaum Ulster, tetapi juga memusuhi pahlawan Ulster, Cú Chulainn.

Situs

Beberapa lokasi terkait dengan Morrígan berdasarkan nama. Yang paling menonjol adalah Fulacht na Mór Ríoghna (“Cooking Pit of the Morrígan”) di County Tipperary

Lokasi kedua terdiri dari dua bukit di County Meath yang terkenal sebagai Dá Chich na Morrigna , atau “Two Breasts of Morrígan“. Tempat ini sering rakyat gunakan untuk ritual pemujaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.