Naga, Simbol Sang Kaisar Si Anak Surga

oleh -473 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dalam budaya Cina makhluk mistis Naga sangat terkenal. Berbeda dengan naga dalam budaya barat, naga Cina tidak memiliki sayap. Melainkan makhluk menyerupai ular yang panjang, bersisik dan berkaki empat dan bertanduk. Naga juga mewakili dan menjadi lambang bagi Kaisar Cina. (Nd)

Berbeda pula dengan naga Eropa yang sering menjadi perlambang jahat, naga Cina melambangkan banyak hal baik. Seperti kekuatan dan tuah, khususnya mengawal air, hujan, dan banjir.

Dalam peristilahan yin dan yang, naga mewakili zat yang (jantan) yang melengkapi fenghuang (phoenix Cina) yang bersifat yin (betina). Naga Cina menjadi lambang kebudayaan yang berwibawa dan bertuah.

Baca Juga: Phoenix, Motif Ekslusif Milik Permaisuri Kaisar Cina

Nilai Simbolis Naga Bagi Rakyat Cina

Dalam sejarah negeri Cina, naga merupakan lambang Kaisar China. Pada zaman Dinasti Zhou, naga berkuku lima merujuk kepada Putera Surga (Kaisar), naga berkuku empat untuk golongan bangsawan, dan naga berkuku tiga untuk para menteri.

Saat zaman Dinasti Qing pula, naga berkuku lima mewakili Kaisar sedangkan naga berkuku tiga dan empat mewakili kepada rakyat jelata. Pada Dinasti Qing juga, terlukisnya naga pada bendera kebangsaan.

Dalam lingkungan budaya terpengaruh Eropa, naga membawa konotasi agresif seakan-akan ingin berperang. Maka pernah diduga bahawa kerajaan China tidak ingin menggunakan naga sebagai lambang karena sebab-sebab itu.

Tetapi banyak masyarakat Cina tidak setuju dengan keputusan ini. Namun adakalanya, orang Barat keliru akan kecenderungan naga Cina yang mulia dengan naga Barat yang garang.

Banyak orang Tiongkok memakai istilah “Keturunan Naga” (龍的傳人) sebagai lambang identitas kaum, mengikut trend yang pada 1970-an. Sama seperti serigala yang orang Mongol gunakan, dan monyet bagi orang Tibet.

Dalam kebudayaan Cina masa kini, naga Cina banyak orang gunakan sebagai hiasan. Pantang sekali gambar naga sampai rusak dan ternoda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.