Napoléon, Battleship Bertenaga Uap Pertama di Dunia

oleh -125 views
Source: Wikipedia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada abad ke-18 dan awal ke-19, tenaga uap menjadi teknologi yang menjembatani penggunaan layar dengan mesin sebagai penggerak utama suatu kapal perang. Berbeda dengan negara lain, angkatan laut Perancis melihat potensi dari pengunaan tenaga uap dalam armadanya. Dan Napoléon, battleship bertenaga uap pertama di dunia, membuktikannya. (Zhorif)

Source: Clerc-Rampal, G

Napoléon adalah ship-of-the-line yang dimiliki oleh angkatan laut Perancis. kapal perang yang namanya di ambil dari nama Napoléon Bonaparte ini merupakan battleship bertenaga uap pertama di dunia. Kapal perang ini memiliki 90-92 meriam yang tersebar semua sisi kapal. Pembuatan kapal ini menyebabkan persaingan antara angkatan laut Inggris dengan Perancis.

Baca juga: KMS Bismarck, Battleship Terbesar Jerman Pada Perang Dunia 2

Source: Barthélemy Lauvergne

Battleship yang di desain oleh Henri Dupuy de Lôme ini kurang lebih sama dengan ship-of-the-line pada umumnya. Hanya saja perbedaannya ialah 2 cerobong asap sebagai pembuangan asap mesin yang berada di dalam kapal. Kapal dengan panjang 77,8 meter, lebar 17 meter, dan berat 5.120 ton ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 960 nominal horsepower.

Source: Louis Le Breton

Walaupun masih menggunakan layar, kapal perang ini tetap menggunakan mesin uap melalui propeller sebagai penggerak utama. Karena itu, Napoléon dapat mencapai hingga 14 knots atau sekitar 26 km/h, cukup tinggi untuk kapal perang pada waktu itu. Terlebih lagi performanya dalam Crimean War menarik perhatian dunia sebagai kapal perang dengan tenaga uap pertama di dunia.

Baca juga: IJN Yamato, Battleship Terbesar di Dunia yang Berakhir Tragis

Source: Barthélemy Lauvergne

Walaupun sukses, kejayaan Napoléon beserta kapal satu kelasnya hanya berlangsung selama 10 tahun. Henri Dupuy de Lôme kembali membuat konsep yang akan mengubah perang angkatan laut. Kapal perang jenis Ironclad ciptaannya membuka era perang laut yang baru dengan perubahan-perubahan yang drastis. Sekaligus menutup era kapal perang layar untuk selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.