Nunchi, Rahasia Sukses Orang Korea

oleh -79 views
Source: redalicious.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Nunchi kerap disebut sebagai kesaktian orang Korea untuk bisa sukses, baik di kehidupan sosial, tempat kerja, terutama saat melakukan negosiasi. (IND)

Meski begitu, ini sama sekali tak ada hubungannya dengan hal supranatural. Buku yang ditulis oleh penulis Euny Hong berjudul Nunchi: Seni Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain mengupas seputar penerapan Nunchi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 8 aturan dasar dalam konsep Nunchi, merangkum laman Gramedia Digital:

1. Kosongkan pikiran

Langkah pertama untuk bisa menerapkan Nunchi ialah hilangkan berbagai praduga terhadap seseorang. Ini bertujuan agar mampu mengamati dengan lebih tajam namun terbuka.

Bisa di mulai dari dua menit memejamkan mata dan memusatkan perhatian pada pernapasan sebelum bertemu dengan seseorang atau rapat dengan sejumlah orang.

2. Efek Pengamat dalam Nunchi

Ada konsep dalam fisika kuantum yang dinamakan Efek Pengamat, yang menyatakan bahwa kita mengubah berbagai hal hanya dengan mengamatinya. Hal yang sama berlalu ketika memasuki sebuah ruangan, kita dapat mengubah suasana hanya dengan berada di sana. Pakar Nunchi akan memberitahu, ketimbang membuat keributan sewaktu memasuki ruangan, pertama-tama hormatilah ruangan yang akan dimasuki. Tindakan ini selaras dengan aturan Nunchi pertama, yaitu kosongkan pikiran, amati dengan tajam sekeliling terlebih dahulu.

3. Ingatlah bahwa semua orang sudah berada di sana lebih lama

Bersikaplah sebagai pribadi yang selalu waspada dan adaptif dengan apa yang sedang berlangsung di sekitar. Memiliki Nunchi yang cepat artinya mampu menilik pandang apa yang sedang terjadi di ruangan itu begitu kita tiba, dan melanjutkan penajaman insting, karena segalanya terus berubah.

Kesaktian Nunchi

4. Jangan lewatkan kesempatan untuk tutup mulut

Percaya bahwa orang yang paling lantang dalam negosiasi tidak selalu jadi pemenang. Berdiamlah dan beri ruang agar jawaban yang di cari semakin mendekati. Bila sabar menunggu, sebagian besar pertanyaan akan terjawab tanpa harus mengajukan satu patah kata pun.

Percaya atau tidak, seseorang akan lebih banyak belajar dengan menyimak ketimbang dengan berbicara.

5. Tata krama ada karena suatu alasan

Satu aturan penting dalam Nunchi adalah tata krama ada untuk membuat semua orang merasa nyaman dan bukan untuk membuat diri kita merasa lebih unggul. Memberitahu orang lain secara lantang tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat pertemuan di meja makan bukanlah Nunchi yang baik.

Baca Juga: Rekomendasi Novel Penghilang Stres Untukmu

6. Bacalah apa yang tersirat

Orang tidak selalu mengatakan apa yang mereka pikirkan, dan itu adalah hak prerogatif mereka. Bila kamu mempunyai Nunchi yang baik, kamu akan dengan mudah menyadari dengan begitu banyak isyarat yang ada di sekitar.

7. Kesalahan yang tak di sengaja terkadang sama buruknya dengan kesalahan yang disengaja

Salah satu manfaat mengasah ini adalah mengurangi peluang untuk menyinggung orang lain baik secara sengaja maupun tidak sengaja menjadi berkurang. Menyinggung seseorang dengan komentar negatif, sindirian bahkan kata kasar yang di balut pujian bukanlah Nunchi yang baik. Dalam karakter ini, perkataan yang berpotensi menyinggung orang lain tidaklah pantas.

8. Jadilah orang yang gesit dan cepat beradaptasi

Percaya bahwa kemampuan bertahan hidup bukan di tentukan oleh yang paling kuat, namun oleh mereka yang paling cepat peka dan beradaptasi dengan perubahan. Perubahan dapat terjadi dengan cepat, bahkan dalam waktu 10 menit, perasaan orang lain dapat dengan cepat berubah.

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *