Penyakit Utama Pengganggu Belajar, Apa aja sih?

oleh -85 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Biasanya kalau lagi belajar mendadak langsung rentan penyakit, nih! Tapi bukan penyakit flu atau batuk, melainkan penyakit-penyakit yang ngeganggu belajar. Apa aja sih penyakitnya dan gimana mengatasinya? ⁣(az)

Ini nih, kebiasaan-kebiasaan yang disebut “penyakit” bawaan yang jadi pengganggu belajar, simak ya!

Terus Menunda Belajar

Sewaktu kamu merasa belajar udah nggak menarik dan ngebosenin, biasanya kamu akan menunda-nunda belajar. Untuk mengatasi ini, kamu harus mengubah paradigmamu agar kamu bisa menganggap belajar itu seru!

Menganggap Diri Bodoh

Kalau kamu menghakimi dirimu sendiri dan selalu membatasi diri, maka kamu akan selalu nyari-nyari alasan untuk gagal. Lagi-lagi ini urusan persepsi. Kamu mesti mengubah persepsimu agar nggak terjebak di lubang ini selamanya.⁣

Benci Satu Mata Pelajaran

Saat kamu udah benci satu mata pelajaran, pasti ada aja alasan buat nggak belajar. Biasanya kamu udah terlanjur kena priming effect dari teman-teman atau orang sekitar bahwa pelajaran yang kamu benci itu susah dan nyebelin. Kamu harus buat afirmasi positif ke dirimu bahwa pelajaran ini sebenarnya menyenangkan.⁣

Belajar Hanya Untuk Nilai Akademis

Belajar hanya untuk nilai. Kenapa ini jadi masalah? Karena ketika kamu belajar hanya demi nilai, nilailah yang jadi satu-satunya indikator kesuksesan belajar. Sementara belajar itu lebih dari nilai semata, lho! Masih banyak hal-hal yang bisa dikejar selain nilai, misalnya hobi atau bakat-bakat lain yang kamu punya.⁣

Cara Belajar yang Salah

Gejala-gejala yang sering muncul misalnya kurang ngerti konsep langsung latihan soal, bergantung banget sama hafalan, terpaku dari satu sumber belajar, dan ngafalin tipe soal. Buat ngatasin ini, kamu bisa coba proses belajar signature pengguna Zenius, yaitu deliberate practice. Pahami bahan yang kamu punya secara mendalam, dan latih tiap elemennya.⁣

Semangat Belajar gak Konsisten

Salah satu masalah yang paling berat adalah semangat belajar yang gak konsisten. Untuk dapat konsisten dalam belajar, maka kamu harus punya persepsi belajar yang benar dan tujuan yang jelas kenapa kamu belajar. Dari situlah konsisten dalam belajar akan terbentuk.

Sumber : Zenius

Baca juga: Bosan Belajar Online? Ini Tips Belajar Efektif di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.