Auto Ngampus! Perbedaan SMA & Kuliah

oleh -114 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Lo pasti pernah dengar kan ungkapan kalo masa terindah adalah masa-masa sekolah. Banyak hal seru yang lo lakuin semasa sekolah, nongkrong bareng, ngobrol bareng, hingga gokil-gokilan bareng, tapi apa pas kuliah semua kebahagiaan itu bakalan sirna? (az)

KEHIDUPAN MASA SMA

Masa SMA emang nggak bisa kita pandang sebelah mata, karena pada masa ini kita mulai membentuk identitas diri di tengah masyarakat dengan cara mengenali minat diri, berteman sama orang-orang yang kita anggap punya kesamaan karakteristik sama kita (ini nih makanya anak SMA doyan banget nge-geng, ngga apa-apa, normal banget kok), mulai larak-lirik lawan jenis dengan selera masing-masing yang tentunya beda sama selera temen, mulai bayangin hidup kita pas nanti gede jadi apa, gimana, mau tinggal di mana, dan sebagainya.

Nah, di SMA ini kita mulai membentuk identitas sosial kita. Yang namanya aktif ekskul, OSIS, panjat-panjat tebing, baris-baris, lebih milih sendiri, lebih milih belajar sendiri, nongkrong di rumah temen, sampai nongkrong di mall.

Banyak deh pokoknya yang MULAI lo explore pas masa SMA. Seru sih emang, gokil-gokilan bareng temen. Belajar bareng sambil main-main sama temen. Tapi apa pas kuliah semua itu lantas sirna? Ngga kok, justru pengalaman indah selama tiga tahun yg lo alamin pas SMA cuma bakal jadi bumbu buat nentuin kaya apa nanti lo pas kuliah!

Nah, ada 5 hal nih yang bisa jadi gambaran lo tentang garis besar perbedaan dari dunia sekolah vs kuliah. Langsung aja, cekidot!

1. Kelas dan temen yang gak tetap

Kalo di sekolah, teman selama setahun bakalan tetep, tapi pas di kuliah lo bakalan pindah-pindah kelas sesuai mata kuliahnya, lo bisa sekuliah sama senior atau junior lo, gak cuma temen-temen seangkatan aja.

2. Fleksibilitas mata kuliah

Di kuliah, lo punya fleksibilitas buat ngambil, nunda, ataupun ngedrop mata kuliah, beda sama sekolah yang mesti lo ikutin semua pelajarannya.

3. Dosen Pembimbing

Nah ada lagi nih yang namanya dosen pembimbing di kuliah. Setiap mahasiswa akan dibimbing dengan dosen pembimbing yang bertugas untuk memandu rencana perkuliahan biar sesuai dengan minat dan kemampuan.

Baca juga: Perbedaan Antara SMA dan SMK

4. Banyak Referensi

Pas sekolah kan biasanya cuma pake satu buku untuk satu pelajaran, tapi pas kuliah lo pasti butuh banyak referensi lain.

5. Penelitian Ilmiah atau Skripsi

Nah yang terakhir, buat lo yang ngambil sarjana, lo bakalan bener-bener ngelakuin penelitian ilmiah dalam bentuk skripsi yang akan jadi salah satu persyaratan buat lulus kuliah.

Tapi tenang aja lo tetep bisa kok, nongkrong dan ngobrol sama temen-temen kayak sekolah dulu, tentu aja dengan topik obrolan yang berbobot. Dengan waktu luang yang lebih banyak, lo bisa isi waktu dengan ikut organisasi atau dengan cari tambatan hati, cieee.  

Gimana, gak kalah seru kan kuliah itu? Buat lo calon mahasiswa, yuk siapkan diri lo untuk hadapi dunia kuliah yang lebih seru. Pastikan isi masa kuliah lo dengan ekplorasi ilmu dan berbagai kegiatan positif lainnya!

Sumber: Zenius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.