Rekomendasi Aplikasi Parental Control untuk Perangkat Android!

oleh -118 views
Parental Control

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penggunaan smartphone atau ponsel pintar saat ini sudah mulai tidak terkendali. Ponsel pintar bisa digunakan dengan bebas oleh siapapun dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini karena gaya hidup dan kebutuhan setiap individu yang sudah bergantung pada gadget mereka. (mrg)

Orang tua saat ini sudah membiasakan anaknya dalam menggunakan smartphone yang berujung kecanduan. Apabila anak-anak tidak dipantau dalam eksplorasinya, banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Seperti yang lagi ramai diperbincangkan saat ini, yakni tentang seorang anak yang mampu melakukan top up game online dengan sejumlah uang di sebuah supermarket tanpa sepengetahuan orang tua mereka. Kurangnya pemantauan terhadap aktivitas anak saat menggunakan smartphone menjadi satu faktor penyebab.

Saat ini, untungnya orang tua sudah dimudahkan dengan kemunculan aplikasi yang dapat memantau tingkah laku anak dengan ponselnya. Sehingga orang tua dapat mencegah sedini mungkin aktivitas-aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak mereka saat bermain di smartphone. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi parental control untuk perangkat Android yang perlu kamu ketahui.

Kids Place

Kids place memiliki fitur child lock yang dapat melindungi dan mencegah anak untuk membuka aplikasi mobile, mengunduh aplikasi baru, melakukan panggilan telpon dan sms, hingga hal-hal yang berkaitan dengan pembayaran yang tidak diizinkan. Terdapat fitur restart bagi orang tua yang berguna saat anak tidak sengaja keluar dari aplikasi yang sedang berjalan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pemblokiran telepon dan melakukan disable semua sinyal WiFi. Saat melakukan pemasangan pada ponsel dan memakai aplikasi ini untuk pertama kalinya, orang tua diwajibkan untuk setup password untuk alasan keamanan.

Baca juga : Fitur Crossplay PlayStation dengan PC Kini Hadir di Fall Guys

Kid’s Shell

Dengan memanfaatkan aplikasi Kid’s Shell Parental Control, orang tua dapat mengatur aplikasi yang dibolehkan untuk diakses seorang anak dalam satu menu atau tampilan. Penggunaannya pun lebih mudah. Anak tidak bisa memasang aplikasi sembarangan, karena sebelumnya harus dilakukan melalui persetujuan dari orang tua, dan juga anak tidak bisa melihat iklan plus saling berkirim pesan tanpa pengetahuan orang tua.

Kids Zone Parental Controls

Kids Zone Parental Control merupakan aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk membuat profil khusus pada penggunaan smartphone Android anak. Dalam pembuatan setiap profilnya, orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk diakses oleh anak. Selain itu, bisa menambahkan wallpaper unik juga, lho. Pada Kid’s Zone mode juga bisa di-setup password untuk mencegah anak mengganti larangan yang telah ditentukan.

Selain itu, juga ada fitur untuk sesi time out atau membatasi waktu penggunaan. Jika batas waktu penggunaan smartphone yang telah ditentukan habis, maka anak tidak bisa menggunakan smarpthone hingga waktu yang telah ditentukan.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *