Rekomendasi Film Perjuangan Imigran yang Menyentuh Hati

oleh -80 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada hakekatnya, setiap individu manusia menentukan pilihan hidupnya untuk memaksimalkan kehidupan pribadinya maupun keluarganya. Hal ini tidak hanya sekadar fokus pada pilihan terkait pekerjaan atau karier, melainkan juga negara yang masyarakat nilai memiliki peluang lebih lebar untuk itu. Dengan tujuan tersebut, tidak heran jika sebagian besar orang memberanikan diri untuk berpindah dari satu negara ke negara lainnya, lalu menyandang status imigran. Namun, merantau ke negeri orang dan bertahan hidup di sana nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. (cva)

Untuk menyaksikan perjuangan para imigran, kamu dapat menyaksikan lima rekomendasi film perjuangan imigran yang menyentuh hati di bawah ini. Ada Minari yang berhasil menembus Oscar, lho!

1. Minari (2020)

Sukses mengantongi beberapa piala dalam ajang Sundance Film Festival dan Academy AwardMinari (2020) mengisahkan perjuangan keluarga imigran asal Korea Selatan di Amerika Serikat pada era 1980. Tujuan keluarga imigran tersebut tidak jauh berbeda yaitu, mengubah nasib menjadi lebih baik.

Namun, proses yang mereka tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain kesulitan membangun usaha, keluarga imigran asal Korea Selatan ini turut menghadapi banyak tantangan dari lingkungan luar. Sebut saja, perbedaan budaya hingga stereotype masyarakat terhadap imigran.

2. The Farewell (2019)

Sebuah keluarga Asia diperkenalkan telah menetap cukup lama di Amerika Serikat melalui film The Farewell (2019). Saking lamanya, keluarga Asia ini telah sukses melahirkan keturunan dari beberapa generasi. Mulai dari nenek tertua, anak, cucu hingga cicit yang hidup saling mengasihi.

Sayangnya, sebuah kabar buruk datang dan menyatakan bahwa nenek tertua menderita penyakit mematikan. Dari situ, para anggota keluarga pun berupaya memberikan momen-momen spesial kepada nenek tertua. Salah satunya adalah menyelenggarakan pesta pernikahan bohongan.

3. Halal Daddy (2017)

Kamu mungkin mempertanyakan kehidupan imigran yang berasal dari budaya Timur? Melalui film berjudul Halal Daddy (2017), kamu akan menyaksikan kisah seorang pria keturunan Pakistan bernama Raghdan yang tinggal di Irlandia bersama paman dan bibinya selama bertahun-tahun.

Yup, hal tersebut tentunya membuat Raghdan terbiasa dengan budaya Barat hingga menjalin hubungan percintaan dengan perempuan setempatnya. Mengetahui hal tersebut, kedatangan ayah kandungnya secara tiba-tiba membuahkan secuil pertentangan pendapat akibat perbedaan budaya.

4. Brooklyn (2015)

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang paling menarik perhatian imigran untuk mengubah nasib. Di antaranya adalah kota New York yang menjadi pemberhentian seorang perempuan Irlandia bernama Eilis, yang turut mencoba peruntungan tersebut.

Dalam film Brooklyn (2015), ia berlakon mengadu nasib di wilayah Brooklyn yang ramai dengan penduduk imigran. Di sana, ia menjalin cinta dengan seorang pria yang juga imigran dan menikah secara diam-diam. Sayangnya, keluarga di Irlandia bermaksud untuk menjodohkannya dengan pria asal Irlandia.

5. The Visitor (2007)

Sebagai makhluk sosial, kamu tentu suka berpergian hingga melakukan perjalanan antar negara, bukan? Namun, apa yang terjadi jika kamu pulang dan mendapati bahwa di rumahmu telah terdapat imigran yang membutuhkan tempat tinggal? Setidaknya, inilah yang akan kamu saksikan dalam The Visitor (2007).

Dari perjalanannya yang jauh, seorang profesor mendapati di rumahnya telah terdapat dua pasangan imigran asal Suriah dan Senegal. Meskipun kaget, kehadiran mereka tersebut nyatanya memberi nuansa yang menyenangkan, sehingga mereka pun diperbolehkan untuk tinggal.

Mungkin, kamu tidak tahu persis bagaimana kehidupan imigran sebagaimana negara Indonesia tidak begitu lekat dengan isu tersebut. Namun, perlu kalian ketahui bahwa isu imigran merupakan hal yang sulit dibayangkan namun penting untuk disimak. So, watch the movies to understand their struggles!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.