Seperti Komodo, Berikut Hewan yang Hanya Ada di Satu Negara Part I

oleh -211 views
Hewan yang Hanya Ada di Satu Negara

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, komodo merupakan hewan asli dari Indonesia dan merupakan hewan yang hanya dapat orang temukan di Indonesia. Tapi ternyata, selain komodo ada juga lho hewan yang hanya ada di satu negara. Penasaran dengan apa saja hewan yang hanya ada di satu negara? Simak ulasan berikut. (fb)

Baca juga: Fakta Unik Cendrawasih, Belajar Menari dari Burung Lain?

Komodo

Relokasi UMKM Pulau Komodo Dikhawatirkan Berdampak Buruk terhadap  Perekonomian Masyarakat Halaman all - Kompas.com
Source by Kompas.com

Sebelum membahas hewan dari luar Indonesia, kita akan membahas terlebih dahulu tentang komodo. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang juga merupakan hewan prasejarah yang masih hidup hingga kini.

Hewan in hanya dapat orang temukan di Pulau KomodoNusa Tenggara Timur. Pasalnya, komodo bukan tipikal reptil yang meninggalkan tanah kelahirannya.

Marine Iguana

Marine iguana - Wikipedia
Source by Wikipedia

Hewan selanjutnya masih dari kelurga kadal yakni Amblyrhynchus cristatus atau iguana laut yang mempunyai tampilan mirip seperti Godzilla yang ada di dalam film. Hewan ini hanya dapat orang temukan di Kepulauan Galapagos, Ekuador.

Nama iguana laut itu sendiri berasal dari cara ia mencari makanan. Ketika ia membutuhkan makanan, ia harus menyelam hingga kedalam 12 meter untuk memakan gangang laut yang berada di dasar laut.

Thorny Devil

Thorny Devils Drink from Sand - Research & Development World
Source by R&D World

Australia juga ternyata mempunyai seekor kadal yang hanya dapat hidup di negara tersebut. Kadal tersebut beranama thorny devil atau kadal berduri yang mempunyai zat tanduk berbentuk duri pada tubuhnya.

Kadal ini hidup di gurung pasir kering di Australia. Untuk makanannya sendiri, kadal ini menyukai semut sebagai makanan utamanya. Bahkan, perharina saja ia dapat memakan lebih dari seratus ekor semut. Sedangkan untuk minum, ia memanfaatkan zat tanduk yang berada di kepalanya yang akan mengeluarkan uap air.

Gelada

The Geladas of Ethiopia by Adam Riley • Rockjumper Wildlife Tours
Source by Rockjumper Wildlife Tours

Selanjutnya ada Theropithecus gelada atau gelada yang hanya dapat orang-orang temukan di Dataran Tinggi Etiopia tepatnya di Pegunungan Simien. Hewan ini bukan termasuk kedalam genus babun, melainkan satu -satunya hewan yang termasuk kedalam Theropithecus yang masih ada.

Sedangkan untuk makanannya sendiri, hewan ini sama dengan babun yang mencari makan di padang rumput. Namun, gelada merupakan satu-satunya primata yang merupakan hewan graminivor atau pemakan rumput.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.