Seperti Komodo, Berikut Hewan yang Hanya Ada di Satu Negara Part II

oleh -83 views
Hewan yang Hanya Ada di Satu Negara

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, komodo merupakan hewan asli dari Indonesia dan merupakan hewan yang hanya dapat orang temukan di Indonesia. Tapi ternyata, selain komodo ada juga lho hewan yang hanya ada di satu negara. Penasaran dengan apa saja hewan yang hanya ada di satu negara? Simak ulasan berikut. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Cendrawasih Botak

Cendrawasih Botak, Kecantikan Burung Endemik Raja Ampat
Source by 1001 Indonesia

Tidak hanya satu, ternyata Indonesia pun mempunyai hewan yang hanya dapat orang temukan di Indonesia lainnya yakni cendrawasih botak. Burung ini merupakan hewan yang hanya dapat orang temukan tepatnya di kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Kamu hanya dapat menemukan burung ini di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta, Raja Ampat. Untuk makanannya sendiri, cendrawasih botak menyukai buah-buahan dan aneka seranga kecil.

Blind Salamander

Mahasiswa dan Biologi: Texas Blind Salamander (Eurycea rathbuni)
Source by Mahasiswa dan Biologi

Walaupun mempunyai nama salamander buta, hewan ini ternyata mempunyai mata vestigial di bawahnya yang tertutup kulit. Seperti salamander neotenous lainnya , ia memiliki insang luar untuk menyerap oksigen dari air. 

Salamander jenis ini hanya dapat orang temukan di Amerika Serikat tepatnya di sepanjang Sesar San Marcos dekat San Marcos, Texas. Hewan ini beradaptasi dengan baik untuk hidup di aliran bawah tanah di gua, dan banyak yang mungkin menghuni ceruk dalam.

Tikus Kangguru

Wow, Tikus Kangguru Irit Air
Source by PinkKorset

Sama seperti Indonesia, ternyata Amerika Serikat pun mempunyai hewan endemik yang hanya dapat orang temukan di negara tersebut lainnya. Hewan tersebut bernama jerboa atau tikus kangguru karena memiliki tampilan layaknya seekor tikus dan berdiri dengan dua kaki juga dapat melompat layaknya kanguru.

Ketika terancam, hewan ini dapat berlari hingga kecepatan 24 kilometer per jam dan dapat melompat hingga setinggi 3 meter. Karena telinganya yang sensitif membantunya dari serangan predator. Sedangkan untuk habitatnya, jerboa biasa hidup di wilayah gurun.

Vancouver Marmot

Save a species petition – The Vancouver Island Marmot Recovery Foundation |  Vancouver island, Species, Marmot
Source by Pinterest

Selanjutanya ada Marmota vancouverensis atau Marmut Pulau Vancouver yang pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan satu ini karena ada sebuah vidio meme yang menampilkan hewan ini sedang teriak.

Hewan ini merupakan hewan asli dan hanya ada di pegunungan tinggi Pulau Vancouver, di British Columbia. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang terbilang lebih besar dari pada marmut lainnya. Walaupun merupakan hewan endemik Pulau Vancouver, ternyata marmut ini berhasil hidup di beberapa pusat penangkaran di Kanada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.