Stasiun Metro Cantik di Tashkent, Uzbekistan

oleh -166 views
Source: ecoosfera.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Stasiun metro di Moskow, Rusia sudah terkenal akan keindahan arsitekturnya. Namun, tahukah kamu jika stasiun metro di Tashkent, Uzbekistan juga tidak kalah cantik? Di kota tersebut terdapat 29 stasiun metro dengan desain yang berbeda-beda.

Dulunya, stasiun-stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat pengungsian seandainya terjadi serangan bom nuklir. Demi keamanan, pemerintah Uzbekistan melarang pengunjung untuk mengambil foto atau video. Dari 29 stasiun di Tashkent, berikut 3 stasiun metro tercantik yang wajib kamu kunjungi! (IND)

1. Stasiun Kosmonavtlar

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistantheguardian.com

Di Rusia dan negara-negara pecahan Uni Soviet, astronot disebut dengan kosmonot. Nama stasiun ini diambil dari kata tersebut. Desain stasiun Kosmonavtlar bertemakan ruang angkasa. Kamu bisa merasa seakan berada di film science fiction saat menunggu metro di sini.

Seperti yang kita tahu, selain Amerika Serikat, Uni Soviet adalah negara yang paling banyak mengirimkan astronot/kosmonot ke ruang angkasa. Mereka menghargai jasa para kosmonot dengan mengabadikan potret-potret kosmonot ternama mereka di stasiun ini.

2. Stasiun Novza

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistanuzbek-travel.com

Stasiun Novza di buka pada tanggal 6 November 1977 dengan nama Hamza. Meskipun lawas, namun dekorasi di stasiun ini tidak ketinggalan jaman. Malah terlihat sangat modern. 

Seperti yang bisa di lihat di foto. Desain stasiun ini sebenarnya sangat minimalis. Langit-langitnya agak rendah dan di dekorasi dengan kerangka berbentuk heksagonal. Pengaturan pencahayaan sangat penting di stasiun ini.

Baca Juga: Uzbekistan, Negeri Para Ilmuan Muslim

3. Stasiun Mustaqillik Maydoni

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistantravelsofabookpacker.com

Stasiun berada dekat bawah alun-alun pusat di Tashkent yang bernama Mustaqillik Maydoni. Dulunya, stasiun ini dan alun-aun di atasnya bernama Lenin. Sejak kemerdekaan Uzbekistan di tahun 1991, mereka mengganti nama dua tempat ini menjadi Mustaqillik Maydoni yang berarti alun-alun kemerdekaan.

Dinding di stasiun ini di lapisi marmer dan langit-langitnya didominasi warna putih. Chandelier-chandelier yang menghiasi lorong stasiun membuatmu merasa sedang berjalan menuju pesta dansa.

Sumber: IDN Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *