Suku Misterius di Indonesia, Ada yang Kanibal! Part 1

oleh -379 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Suku bangsa merupakan golongan sosial yang ada di masyarakat yang di gunakan sebagai pembeda suatu golongan satu dengan golongan yang lainnya. Indonesia sendiri memang terkenal dengan keberagaman suku yang menyebar dari ujung timur hingga barat. Bisa dibilang, setiap suku yang ada mempunyai keunikan tersendiri. Seperti beberapa suku yang di anggap misterius di Indonesia ini. (sabrina)

Baca part selanjutnya di sini.

1. Suku Korawai Mappi – Papua

Di wilayah paling timur dari negara kita ini ternyata menjadi tempat bermukimnya salah satu suku misterius yaitu, Korowai. Suku ini hidup sebagai orang primitif, suku ini ternyata juga memakan daging manusia. Untungnya praktik kanibalisme ini hanya terjadi saat mereka belum mengenal dunia sekitar.

Masyarakat Korowai yang tinggal di daerah Kaibarm, Kabupaten Mappi tersebut baru di temukan pada tahun 1970-an. Hingga saat ini, masyarakat Korowai masih teguh memegang adat istiadatnya. Sehari-hari, mereka mengenakan pakaian dari dedaunan, tinggal di rumah panggung dengan tinggi sekitar 50 meter dari atas tanah, dan melakukan perburuan untuk bisa makan.

2. Suku Bati, Pulau Seram – Maluku

Pulau Seram Seram disebut sebagai pulau utama sekaligus terbesar di Provinsi Maluku selain Pulau Ambon. Banyak dari orang yang bercerita kalau di wilayah ini berdiam sebuah suku Indonesia misterius benama Bati.

Berdasarkan cerita yang tak tau darimana asalnya itu pula di ketahui bahwa Suku Bati ini di percaya bukanlah manusia, melainkan makhluk besar yang sekilas mirip dengan kelelawar raksasa. Mereka diyakini kerap memangsa hewan sebagai santapan namun kadang anak kecil pun bisa menjadi korbannya.

3. Suku Samin – Jawa Tengah

Di Jawa Tengah terdapat satu kelompok suku yang menamakan diri mereka Wong Sikep. Di juluki Samin atau Wong Sikep, karena para anggotanya merupakan pengikut Samin Suronsentiko yang mengajarkan perlawanan pada Belanda dengan ajaran sikep. Hingga tahun 1970-an, suku Indonesia ini baru keluar dari persembunyiannya. Di kala itu juga mereka baru mengetahui bahwa Indonesia telah resmi merdeka dari Belanda pun negara tirai bambu, Jepang.

4. Suku Kubu – Jambi

Suku Kubu atau yang lebih di kenal sebagai Suku Anak Dalam bermukim secara nomaden. Tempat tinggal mereka pertama kali adalah sekitar wilayah Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas.

Saat ini mereka pun menyebar di sekitar wilayah pedalaman Jambi. Selain menjadi pemburu hewan, suku ini juga melakukan kegiatan pertanian. Salah satu yang menjadi komoditas mereka adalah hasil dari pertanian karetnya. Biarpun sempat di anggap misterius, kini Suku Anak Dalam sudah semakin terbuka dengan masyarakat luar yang terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.