Sulit Tidur? Ini Tips Mengatasi Insomnia

oleh -187 views
source: vogue.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Insomnia adalah masalah sulit tidur atau sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan. Sebagian besar kasus insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada remaja atau orang dewasa. Ada beberapa tips agar kita tidak bisa mengurangi insomnia atau bahkan bisa mengobatinya. Berikut ini tips mengatasi insomnia yang bisa kamu coba. (tika)

1. Kurangi kafein

Mengurangi konsumsi kafein dalam teh, kopi, atau minuman energi, terutama di malam hari bisa menjadi cara mengatasi insomnia. Pasalnya, kafein dapat mengganggu proses tertidur dan juga mencegah tidur nyenyak. Cobalah untuk membiasakan minum air putih atau susu untuk mengganti kebiasaan mengkonsumsi minuman berkafein agar bisa tidur dengan cepat serta lelap.

2. Tidur dengan jam yang teratur

Terkadang, apabila stress dan banyak fikiran sudah menyerang, sering kali kita susah tidur dan tergoda untuk begadang. Hal ini karena otak yang seharusnya istirahat pada malam hari, malah dipakai untuk berfikir terus-terusan. Cobalah untuk mengatur jam tidur kamu agar bisa tidur dan bangun tepat waktu.

3. Olahraga dengan teratur

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga ringan secara teratur seperti berjalan atau bersepeda santai, dapat membantu meredakan beberapa ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Jadi, jangan malas berolahraga ya.

4. Merileksasikan diri

Mandi air hangat di saat pulang beraktivitas, mendengarkan musik santau, atau melakukan yoga untuk menenangkan pikiran dan tubuh bisa juga menjadi cara mengatasi insomnia yang baik dilakukan.

5. Ciptakan lingkungan tidur yang nyenyak

Selanjutnya kamu bisa menata ulang tempat tidurmu agar kamu bisa merasa nyaman saat tidur. Atau kamu bisa mengubah lampu tidurmu agar tidak terlalu terang supaya badanmu serta pikiranmu bisa rileks.

Nah irulah beberapa tips mengatasi insomnia agar kamu bisa menghentikan kebiasaan insomniamu. Insomnia memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Tetapi jika dibiarkan, itu akan berdampak buruk pada dirimu. Maka dari itu, cobalah hidup sehat dengan tidak merokok ataupun begadang serta banyak minum air putih ya.

Baca juga:

Rekomendasi Face Wash Untuk Kulit Kombinasi

Rekomendasi Body Wash Lembut dan Wangi (Bagian 1)

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.