Tanaman Hias yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Kita di Rumah, Sudah Menanamnya?

oleh -72 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan, ternyata penambahan tanaman hias di dalam rumah juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya. (cva)

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan University of Melbourne dan RMIT University, yang menyebut bahwa meletakkan satu tanaman di sebuah ruangan kecil bisa meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen. Sedangkan meletakkan dua tanaman dalam satu ruangan bisa memperbaiki kualitas udara hingga 75 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 45 persen.

Dari penelitian tersebut bisa dikatakan bahwa penambahan tanaman di dalam rumah bisa bantu menjaga kesehatan dengan membuat udara lebih bersih, membunuh debu dan bakteri, hingga meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, beberapa jenis tanaman tertentu juga diklaim bisa meningkatkan kesehatan mental; seperti mengurangi stres dan mengatasi kecemasan.

Berikut ini adalah lima tanaman hias yang bisa bantu jaga kesehatan kita di rumah? Apa saja? Yuk, cari tahu dan coba tanam di rumah!

1. Melati

Melati memiliki efek yang besar pada kesehatan mental. Hal itu karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa meredakan kecemasan, mengatasi perubahan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur. Bahkan melati juga memiliki potensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

2. Lavender

Lavender bisa jadi tanaman yang mempercantik rumah, sekaligus membantu meredakan stres. Bahkan tanaman ini juga dipercaya baik untuk menenangkan perasaan gelisah, gugup, cemas, depresi, dan juga baik untuk membantu masalah insomnia.

3. Rosemary

Rosemary terkenal sebagai tanaman yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ternyata selain itu rosemary juga berguna untuk meredakan nyeri otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta peredaran darah. Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa kita petik dan manfaatkan daun segarnya untuk memasak.

4. Azalea

Selain menjadi bunga berwarna-warni yang cantik, Azalea bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap bahan kimia. Ini tentunya baik untuk kesehatan kita karena menjadikan udara yang ada di rumah berkualitas baik.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama terkenal dengan efek penyembuhannya. Ia bisa membantu menghaluskan dan melembabkan kulit yang teriritasi. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa bantu mengobati luka bakar, sengatan matahari, psoriasis, dan lain-lain.

Dengan mengetahui kegunaan tanaman hias bagi kesehatan tersebut, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk meletakkan tanaman hias di rumah. Selain bisa menjadi opsi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang selama social distancing, menanam tanaman hias juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mentalmu di tengah pandemi corona ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.