Tata Cara dan Niat Shalat Idul Fitri

oleh -170 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak terasa kita sudah berada di penghujung bulan Ramadhan dan sebentar lagi akan bertemu dengan hari kemenangan yakni Idul Fitri. Ngomong-ngomong soal Idul Fitri, kali ini mimin akan memberikan tata cara dan niat shalat Idul Fitri.

Sebelum ke tata cara dan niat shalat Idul Fitri, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai shalat Idul Fitri.

Hukum dari shalat Idul Fitri ini sendiri yakni sunnah muakad yang berarti di anjurkan. Sedangkan untuk pembacaan niat yakni wajib karena termasuk kedalam rukun sah shalat. Untuk jumlah rakaatnya, shalat Idul Fitri ini mempunyai jumlah rakaat sebanyak 2 rakaat dengan satu salam.

Shalat Idul Fitri di laksanakan pada pagi hari dengan berjamaan. Namun, kamu juga dapat melaksanakan shalat ini secara munfarid atau sendiri jika berhalangan untuk melaksanakan secara berjamaah.

Pelaksanaan shalat ini sendiri pun dianjurkan untuk dilaksanakan di tanah lapang seperti Hadist dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu yakni:

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang. (HR. Bukhari dan Muslim).

Niat

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li idi fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati ada’an imaman/ma’muman lillahi ta’ala“.

Artinya: Aku berniat salat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.

Tata Cara

  1. Membaca niat shalat Idul Fitri
  2. Setelah membaca niat shalat Idul Fitri, takbiratul ihram sambil mengangkat kedua tangan
  3. Melakukan takbir selama 7 kali.
    Di setiap takbir membaca, “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar.” yang artinya “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”
  4. Membaca surat Al-Fatihah dan kemudian membaca surat pendek.
  5. Dilanjutkan dengan ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua dan kembali berdiri ke rakaat kedua.
  6. Di rakaat kedua, melakukan takbir selama 5 kali dengan membaca, “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar.” yang artinya “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”
  7. Setelah itu membaca Surat Al-Fatihah dan kemudian membaca surat pendek
  8. Dilanjutkan dengan ruku’, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan duduk tasyahud akhir dan kemudian salam

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, khutbah Idul Fitri akan dibacakan oleh khatib.

Baca artikel lainnya mengenai LensArt: Selami Dunia Visual, Saling Berbagi dan Kolaborasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.