Ternyata ini lho Asal Usul dan Arti dari Ngabuburit

oleh -129 views
Asal Usul dan Arti dari Ngabuburit

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bulan Ramadhan pasti identik dengan sebuah kegiatan di sore hari yakni ngabuburit. Bukanlah sebuah kegiatan yang baru, ngabuburit ternyata sudah menjadi sebuah kegiatan rutinitas di Indonesia selama bulan puasa. Namun, apakah kamu mengetahui asal usul dan arti dari ngabuburit itu sendiri?

Tidak sedikit orang pastinya belum mengetahui bukan? Oleh karena itu, kali ini mimin akan membahas seputar asal usul dan arti dari ngabuburit. (fb)

Pengertian

Sebelum kita membahas mengenai asal usul dari ngabuburit, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang “apasih ngabuburit itu?” Menurut wikipedia, ngabuburit adalah sebuah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Kegiata dari ngabuburit itu sendiri pun sangat beragam. Mulai dari berjalan-jalan sanati, bermain, berkumpul, hingga mecari takjil untuk berbuka puasa. Selain itu, ngabuburit pun dapat diisi dengan kegiatan keagamaan seperti mengaji ataupun mendengarkan ceramah.

Asal Usul

Nah, sedangkan untuk asal usul dari kata “ngabuburit” itu sendiri berasal dari bahasa sunda yakni “ngalantung ngadagoan burit” yang jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Hal tersebut berdasarkan Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS).

Kata dasar dari istilah “ngabuburit” adalah “burit” yang dalam bahasa Indonesia berarti “sore hari. Hal tersebut dikarenakan ngabuburit orang lakukan ketika sore hari. Mulai dari selepas asar, hingga sebelum matahari terbenam. Namun menurut sumber lain, kata ngabuburit berasal dari kata “burit” saja.

Baca artikel lainnya mengenai Peradaban Kuno Afrika Termashyur dalam Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.