Ternyata Ini Penyebab Skin Barrier Rusak!

oleh -196 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Skin barrier merupakan lapisan pelindung terluar kulit yang memiliki peranan sangat penting untuk kesehatan kulit. Skin barrier berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari dan efek buruk radikal bebas. Selain itu, skin barrier berfungsi sebagai pertahanan kulit untuk melawan bakteri dan zat penyebab alergi serta menjaga kelembapan air di dalam kulit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan skin barrier rusak. Yuk kita bahas penyebab skin barrier yang rusak. (tika)

1. Sering mencuci wajah

Banyak orang mengira membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka sesering mungkin membuat wajah menjadi lebih bersih, lembap dan sehat. Padahal sering mencuci muka dengan sabun cuci muka merupakan penyebab utama skin barrier rusak. 

Bukannya mulus dan sehat, skin barrier yang rusak akibat terlalu sering mencuci muka justru menimbulkan masalah kulit seperti kulit menjadi kering, dehidrasi, tipis, mengelupas, bruntusan hingga timbul jerawat. Oleh karena itu, sebetulnya mencuci muka itu cukup dilakukan pada pagi hari dan malam hari saja.

2. Terlalu sering menggunakan face scrub

Terlalu sering menggunakan face scrub juga merupakan salah penyebab skin barrier rusak. Mengapa hal itu terjadi? Hal ini karena sebetulnya menggunakan face scrub itu cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Karena kalau keseringan akan mengakibatkan kulit menjadi tipis serta dapat menimbulkan iritasi.

3. Lupa menggunakan sunscreen

Setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadap radiasi UVA dan UVB.  Orang yang memiliki warna kulit cerah biasanya hanya akan tahan terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun selama 10-12 menit saja. Seringnya terpapar debu, polusi dan sinar matahari tanpa menggunakan pelindung kulit seperti pelembap ber-SPF dan sunscreen juga merupakan salah satu penyebab skin barrier rusak. 

4. Pola hidup

Penyebab skin barrier selanjutnya yaitu terlalu banyak adalah gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini juga memengaruhi kesehatan kulit wajahmu lho. Banyaknya pikiran hingga stress juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Biasakanlah pola hidup sehat, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk seperti kurang tidur dan kurang minum air putih.

Nah , itulah beberapa alasan penyebab skin barrier rusak yang bisa kamu hindari.

Baca juga:

Rekomendasi Toner Lokal Di Bawah 100 Ribu!

Pori-Pori Besar? Ini Tips Mengecilkan Pori-Pori!

Manfaat Kandungan Licorice dalam Skincare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.