Tips Diet, Manjur Tapi Tidak Menyiksa

oleh -28 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat melihat postingan artis atau influencer yang berhasil turunkanĀ berat badan, beberapa orang termotivasi untuk mengikuti program diet ,tapi tak mengetahui tips diet. Penting bagi kita untuk menghindari penurunan berat badan yang cenderung ekstrem. (cva)

Beberapa jenis program diet memiliki banyak sekali pantangan makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Belum lagi, porsi makan yang sangat sedikit membuat pegiat diet tidak bisa menjalankan program diet dalam jangka waktu yang panjang.

Saat melakukan diet dan memutuskan untuk berhenti makan makanan tertentu, hal tersebut malah membuat makanan tersebut sering lewat dalam pikiran dan membuat diet tidak berhasil.

Berikut ini adalah tips diet yang tidak menyiksa, melansir dari Health.

1. Bergerak lebih aktif dan makan yang cukup

Pada beberapa anjuran diet menurunkan berat badan, sering diingatkan untuk makan lebih sedikit dan bergerak lebih aktif. Padahal, saat makan lebih sedikit makanan, tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk bergerak lebih aktif.

“Saya mengisi piring saya dengan makanan sehat jadi saya hampir tidak punya ruang untuk makanan yang kurang sehat,” kata Beth Lipton seorang pelatih kesehatan.

“Strategi ini bernama crowding out, dan ahli gizi, pelatih kesehatan, dan atlet menggunakannya sebagai alternatif dari diet tradisional,” tambahnya.

2. Mengolah makanan yang sehat

Saat tubuh sudah menyesuaikan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat, cobalah untuk mengurangi makanan olahan dan kemasan.

“Makanan yang biasa Anda beli, seperti keripik kentang dan kue kemasan, mulai terasa berlebihan, dan Anda semakin tidak menginginkannya,” kata Brendan Brazier, penulis seri buku Thrive.

Mengutip dari Health, penelitian di Eropa menemukan bahwa hanya perlu 18 hari untuk membentuk kebiasaan makan baru, meskipun angka tersebut dapat berbeda-beda pada tiap individu.

3. Kurangi menonton TV

Sejumlah studi membuktikan bahwa waktu yang kita habiskan di depan layar kaca dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan atauĀ obesitas. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh memanfaatkan waktu luang untuk menonton acara favorit di televisi. Kamu bisa membatasi menonton televisi dengan hanya menonton acara kesukaan saja.

Bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan untuk menyalakan televisi untuk menghabiskan waktu, terutama di malam hari, kamu bisa mencoba menghilangkan kebiasaan ini dengan melakukan aktivitas lain, seperti melakukan yoga di rumah.

4. Tidur yang cukup

Berdasarkan National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam waktu untuk tidur setiap malamnya. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa waktu tidur yang berkurang sebanyak 30 menit dapat menyebabkan meningkatnya risiko resistensi insulin dan obesitas. Artinya, jika kamu tidak tidur selama waktu yang cukup, maka risiko terkena penyakit lainnya menjadi lebih besar.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur setiap malam, maka kamu bisa mencoba mematikan lampu dan mengatur suhu ruangan. Namun, jika cara tersebut masih belum berhasil, kamu bisa mencoba mengunjungi dokter. Perlu kita ingat, bahwa tidur cukup merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Itu dia beberapa tips diet yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *