Tips Mengatur Finansial Untuk Generasi Milenial!

oleh -256 views
source: dekoruma.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di zaman yang semakin berkembang teknologi ini, turut berkembangnya gaya hidup dari generasi milenial. Banyak anak muda yang mengikuti trend namun tidak di iringi dengan menyesuaikan finansialnya. Melansir dari avrist.com, bahwa sebagian besar generasi milenial cenderung memiliki gaya hidup yang lebih boros, sulit menabung, dan tidak terlalu memikirkan kebutuhan di masa yang akan datang. Untuk itu, yuk kita bahas bagaimana sih tips mengatur finansial untuk generasi milenial? Mari kita bahas! (tika)

1. Tentukan target yang jelas

Tips yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah menetukan terlebih dahulu target dengan jelas. Misalnya, kamu memiliki target untuk memiliki rumah sebelum usia 30 tahun atau memiliki dana pensiun sebelum umur 60 tahun. Targetnya bisa sesuaikan dengan kondisi dan tujuanmu. Setelah itu, gunakan prinsip 50/20/30 yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 20% untuk kebutuhan finansial seperti menabung atau investasi, dan 30% bisa kamu gunakan untuk hal lain.

2. Membuat catatan keuangan

Tips selanjutnya kamu juga perlu untuk mencatat keuangan. Kamu bisa mulai dari menulis pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Jangan remehkan uang yang keluar walaupun sedikit, misalnya untuk membeli minuman boba. Kamu bisa menulis wishlist yang akan kamu beli agar saat berbelanja, tidak membeli yang tidak perlu. Jangan lupa juga untuk mengecek rekeningmu secara berkala, agar bisa menahan diri untuk membelanjakan yang penting saja.

3. Memiliki dana darurat

Cobalah untuk mulai menyiapkan dana darurat. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Misalnya, tiba-tiba salah satu anggota keluarga atau bahkan kamu jatuh sakit dan memerlukan biaya di saat kondisi keuanganmu sedang tidak stabil. Maka dari itu, kamu bisa menyisihkan sedikit uangmu untuk dana darurat. Kamu bisa menyimpan dengan rekening terpisah. Jadi, jangan sampai terlupa untuk menyisihkan sedikit untuk dana darurat ya.

4. Berinvestasi

Tips selanjutnya yaitu berinvestasi sejak dini. Selain menabung, kamu juga bisa mencoba untuk berinvestasi. Berinvesitasi berguna untuk mempersiapkan masa depan agar bisa mencapai tujuan finansialmu. Namun, sebelum itu, kamu juga harus belajar dan mengatur strategi investasi agar tidak salah memilih. Karena berinvestasi selain memiliki keuntungan, juga memiliki resiko yang harus kamu pelajari baik-baik.

5. Jangan berhutang jika tidak mendesak

Seiring berkembangnya teknologi, banyak dompet digital dan ecommerce yang memiliki fitur paylater untuk membeli barang sekarang dan membayarnya bulan depan atau dengan sistem cicilan. Nah, adanya fitur ini bisa membuat kita menjadi lebih konsumtif lho. Alangkah baiknya kalau kita memanfaatkan fitur itu ketika sangat terdesak dan bersifat terpaksa. Nah, kalau sekarang masih punya utang kepada teman, segera lunasi agar lebih tenang dan lebih mudah mengelola uang serta tidak merasa beban.

Nah itulah, tips mengatur finansial untuk generasi milenial yang bisa kamu coba.

Baca juga :

Mengenal Slow Living dan Tips Menikmati Hidup

Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

Mengenal Kakeibo, Metode Mengelola Uang Ala Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.