Uzbekistan, Negeri Para Ilmuan Muslim

oleh -207 views
Source: ammboi.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Negara Uzbekistan atau Republik Uzbekistan merupakan sebuah negara yang berada di antara dua benua, di mana sebagian sebagian wilayahnya terletak di Asia Tengah dan Eropa Timur. Negara ini juga pernah menjadi bagian dari Uni Soviet dan termasuk negara pedalaman karena terkelilingi oleh beberapa negara. (IND)

Nama Uzbekistan berasal dari kata Ozbek bentuk kata “Oz” yang memiliki arti sejati atau asli, dan kata “bek” berarti pemimpin. Sehingga jika diartikan Ozbek mempunyai arti bangsawan atau pemimpin sejati.

Negara yang mendapat julukan silk road ini merupakan salah satu tujuan wisata yang jarang terdengar oleh kita. Namun, tahukah sobat jika Uzbekistan merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan tambang emas terbesar di dunia? Jika terlihat dari kekayaan alamnya, Uzbekistan memang tidak ada apa-apanya dari pada Indonesia, tapi negara ini memiliki tambang emas yang aktif dan terbuka. Tambang emas di negara ini sanggup memproduksi sekitar 90 ribu ton emas dalam setahun lho! Tambang emas besar ini dikuasai oleh negara yang pengelolaannya oleh perusahaan yang bernama Navoi.

Baca Juga: Ini Fakta Unik Orang Jepang, Sudah Tahu?

Uzbekistan, Negeri Para Imuwan Hebat

Salah satu hal menarik yang perlu sobat ketahui mengenai Uzbekistan adalah banyaknya ilmuwan Muslim hebat yang lahir dari negara ini. Beberapa dari mereka adalah Ibnu Sina seorang bapaknya ilmu kedokteran atau yang juga terkenal di dunia Barat sebagai Avicenna. Lalu ilmuwan Al Khawarizmi, sang ahli matematika yang karyanya sangat fenomenal yakni Al Jabar. Ada juga, Abu Rayhan Muhammad ibn Ahmad al Biruni, seorang sejarawan yang juga terkenal dengan nama Al Biruni. Terakhir, tokoh Fenomenal lain yang terlahir di negeri ini adalah para muhaditsin ternama dengan karyanya yang sungguh luar biasa. Mereka adalah Imam Bukhari, Imam Darimi dan Imam Tirmidzi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *