,

Valve Dikabarkan Sedang Membuat Sistem Game Portable Mirip Switch

oleh -202 views
valve

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nintendo telah terbukti berhasil dengan pasar console portable, dan selama bertahun-tahun, belum ada perusahaan lain yang mampu rilis produk portable saingan. Sony sempat mencoba lewat, namun pada akhirnya usaha berakhir setelah penjualan PS Vita tidak sesuai ekspektasi. (mrg)

Nintendo Switch saat ini menjadi console portable favorit banyak gamer, dan menurut laporan yang muncul, Valve ingin meluncurkan produk serupa.

Dilansir dari Ars Technica, Valve dilaporkan telah mengerjakan sistem portable ala Switch untuk bermain game Steam. Menurut info yang didapatkan sejauh ini, proyek tersebut tengah dinamain “SteamPal” dan referensinya telah muncul di launcher Steam terbaru. SteamPal, atau apapun nama akhir dari sistem tersebut, disinyalkan rilis pada akhir tahun 2021.

Baca Juga : 60 Seconds! Reatomized telah Resmi Dirilis di Smartphone!

SteamPal dilaporkan bakal miliki controller dan juga dukungan touchscreen. Console itu juga disebut-sebut miliki fungsi “dock” agar game dapat ditampilkan ke layar monitor/TV layaknya yang dimiliki Switch. Sayangnya controller tidak akan miliki fitur cabut-pasang layaknya yang dimiliki console hybrid Nintendo tersebut, tetapi keunggulannya ialah console SteamPal bisa disambungkan ke kabel USB biasa apabila dock tidak ada.

SteamPal disinyalir akan menggunakan APU dari AMD ataupun dari Intel dan berbasis Linux layaknya kebanyakan hardware garapan dari Valve, meskipun demikian Ars Technica menyebutkan kalau sistem juga dapat jalankan game berbasis Windows.

Semua informasi di atas masih bersifat rumor semata, maka tidak ada kepastian kalau SteamPal akan benar-benar terealisasi nantinya. Akan tetapi Gabe Newell memang sempat sinyalkan ketertarikannya “membawa Steam ke console”, dan bisa saja SteamPal ini merupakan apa yang ia maksud dari perkataanya tersebut.

Valve sebelumnya telah mencoba terjun ke pasar hardware dengan Steam Machine. Sayangnya produk tersebut tidak laku di pasaran melihat banyak yang memandangnya sebagai pre-built PC biasa. Apakah percobaan kedua Valve dalam pasar hardware akan berhasil? Kita lihat saja nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.