Varanus Niloticus, Si Perampok Telur dari Sungai Nil

oleh -593 views
Varanus Niloticus

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak sedikit orang pastinya mengira bahwa aksi perampokan hanya dapat dilakukan oleh manusia. Namun kenyataannya adalah, seekor hewan pun dapat merampok sebuah telur. Seperti Varanus Niloticus contohnya.

Karakteristik Fisik dan Habitat

Varanus niloticus atau nile monitor atau biawak sungai nil merupakan spesies biawak yang berasal dari Afrika Sub-Sahara dan di sepanjang sungai Nil. Biawak sungai nil juga mempunyai populasi di hutan dan sabana Afrika Barat. Namun terkadang spesies tersebut orang kenal sebagai spesies terpisah yakni monitor Sungai Nil Afrika Barat.

Jenis biawak satu ini merupakan biawak terpanjang di Afrika dan mungkin menjadi jenis yang terbesar di Afrika. Pasalnya, ia mempunyai ukuran tubuh yang hingga mencapai 2,2 meter. Bahkan, spesimen terbesar dari jenis biawak sungai nil ini mencapai 2,4 meter.

Sedangkan untuk massa dari tubuhnya sangat bervariasi. Ada yang hanya 0,8 sampai 1,7 kg, 5,9 sampai 15 kg, dan yang paling besar dapat mencapai 20 kg.

Selain itu, ia juga memiliki tubuh yang berotot, kaki dan juga rahang yang kuat. Biawak sungai nil juga mempunyai cakar yang tajam yang mereka gunakan untuk memanjat, menggali, bertahan, atau mencabik mangsanya. 

Gaya Hidup

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ular
Source by IDN Times

Pada umumnya, biawak sungai nil merupakan hewan yang menyendiri. Ia akan sesekali untuk berinteraksi dengan hewan lain. Ia juga merupakan hewan diurnal atau yang aktif pada siang hari. Jika ia sedang tidak aktif, ia akan menghabiskan waktunya dengan berjemur.

Namun, bagi biawak sungai nil yang tinggal di bagian Afrika Selatan yang lebih dingin, ia lebih memilih untuk berhibernasi di batu ataupun liang. Ketika ia terancam, ia lebih memilih untuk kabur ke sungai. Namun, jika ia dalam situasi terpojok, ia akan melawan.

Pengontrol Populasi Buaya

Monitor sungai Nil - Wikipedia
Source by Wikipedia

Seperti yang kita ketahui, buaya merupakan apex predator atau puncak predator. Namun, bagi biawak sungai nil hal tersebut tidak lah berarti. Bagaimana tidak, dengan adanya hewan tersebut, secara tidak langsung mengontrol populasi buaya dengan cara mencuri telurnya.

Umumnya ia tidak bekerja sendiri melainkan melibatkan biawak lainnya. Dalam artian, ada yang menjadi pengalih sang induk buaya, dan yang lainnya akan mencuri telur buaya tersebut. Selain itu, ia juga kerap terlihat memangsa buaya muda.

Baca artikel lainnya mengenai Pertengkaran yang Kerap Dialami Pasangan Hubungan Langgeng, Kamu Gimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *