5 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA

oleh -192 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi siswa SMA menentukan jurusan apa yang harus diambil dalam perkuliahan memang seringkali menimbulkan kebingungan. Hal itu lumrah terjadi karena banyaknya pilihan jurusan di bangku kuliah. Karena itu, sebagai referensi, berikut adalah 5 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA untuk mau yang menjadi anak IPA di bangku SMA. (jerrell)

1. Pendidikan kedokteran

Salah satu jurusan terpopuler di peminatan IPA adalah pendidikan kedokteran. Tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat.

Setelah lulus dan mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta.

Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship.

Pilihan lainnya adalah melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis.

2. Teknik informatika

Jurusan teknik informatika semakin populer menyusul kemajuan teknologi saat ini. Kebutuhan tenaga di bidang teknik informatika juga semakin bertambah. Oleh karenanya, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan.

Beberapa prospek pekerjaan dengan latar belakang pendidikan teknik informatika antara lain programmer, web developer, pembuat aplikasi, software engineer dan lain-lain.

3. Arsitektur

Jika kamu merupakan siswa dengan peminatan IPA namun memiliki ketertarikan pada desain, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan arsitektur di bangku kuliah.

Mahasiswa di program studi Arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Selain menjadi arsitek, lulusan arsitektur juga bisa menjadi konsultan.

4. Teknik Pertambangan

Jurusan teknik pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya.Tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik pertambangan di Indonesia.

Prospek kerja yang bisa dicapai setelah lulus dari studi teknik pertambangan antara lain Ahli Tambang dan Geologi Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas) Ahli Teknik Energi Teknisi Geologi dan Perminyakan.

5. Agribisnis

Jurusan agribisnis menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula.

Pangan menjadi salah satu hal yang paling bisa diwujudkan oleh Agribisnis, sehingga peluang profesi di sektor ini sangat besar.

Lulusan program studi Agribisnis tidak hanya bisa bekerja di sektor pertanian, tapi bisa juga bekerja di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.