5 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPS

oleh -131 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi siswa SMA menentukan jurusan apa yang harus diambil dalam perkuliahan memang seringkali menimbulkan kebingungan. Hal itu lumrah terjadi karena banyaknya pilihan jurusan di bangku kuliah. Karena itu, sebagai referensi, berikut adalah 5 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA untuk mau yang menjadi anak IPS di bangku SMA. (jerrell)

1. Ilmu Hukum

Yang pertama adalah ilmu hukum. Jurusan ilmu hukum termasuk program studi yang paling populer. Hal itu lantaran lulusan ilmu hukum memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan dan bisa masuk di berbagai bidang pekerjaan.

Beberapa prospek kerja lulusan ilmu hukum antara lain praktisi hukum seperti pengacara, notaris, hakim, jaksa, ataupun konsultan hukum.

Namun di luar itu, lulusan hukum juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan karena kebanyakan perusahaan memiliki divisi legal untuk mengurus perjanjian ataupun kontrak kerja.

2. Psikolog

Kamu yang senang dalam mengamati perilaku orang-orang sekitar dan punya rasa penasaran, rasanya cocok untuk memilih jurusan Psikologi. Jurusan psikologi juga punya banyak peminatan, misalnya: Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Industri

Lulusan psikologi juga memiliki prospek kerja yang luas. Selain bisa menjadi psikolog, lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai HRD, Market research, dan Peneliti.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi juga salah satu jurusan yang paling diminati di fakultas berbasis ilmu-ilmu sosial, selain hukum. Salah satu penyebabnya adalah lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang karier yang luas, tidak hanya terbatas di satu bidang.

Beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi adalah public relation, fotografer, penulis, market research analyst, marketing communication, jurnalis atau yang berkaitan dengan media, dan lain-lain.

4. Hubungan internasional

Untuk prodi ini, kamu bisa belajar banyak tentang relasi, interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional, dan lain-lain.

Sedangkan saat lulus kuliah, nantinya kamu bisa kerja sebagai diplomat, peneliti, dosen, atau pun PNS.

5. Ekonomi dan Bisnis

Selain hukum dan ilmu komunikasi, jurusan favorit lainnya di bidang ilmu sosial adalah ekonomi dan bisnis. Ada banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari di sini antara lain seperti akuntansi, manajemen, dan bisnis.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi Akuntan, Analis investasi, Penasihat keuangan, Manajer pajak, Konsultan bisnis, ataupun Wirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.