5 Universitas Dunia Ini Tawarkan Prodi Bahasa Indonesia

oleh -118 views
University of Melbourne, Australia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai sarana berkomunikasi. Jika melihat rekam jejak sejarah, tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan adalah dijunjungnya bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia sebagaimana tertuang pada poin ketiga Sumpah Pemuda. (az)

Lambat laun, bahasa persatuan bangsa kita ini mendapat perhatian publik internasional. Banyak sekali warga asing yang tertarik untuk mempelajarinya. Apresiasi yang cukup besar ini membuat beberapa negara merasa perlu untuk mendirikan suatu institusi pendidikan yang mampu mengakomodasi keinginan para peminat Bahasa Indonesia.

Baca juga: Terbaru! 10 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS World University 2022

Tak tanggung-tanggung, negara-negara tersebut merupakan “rumah” bagi universitas bergengsi dunia! Lebih kerennya lagi, universitas-universitas tersebut tak hanya memfasilitasi dengan pelajaran Bahasa Indonesia saja tetapi juga kajian lain yang juga berkenaan dengan Indonesia seperti kajian sosial ekonomi maupun kondisi politik Indonesia. Peminat jurusan ini pun juga cukup banyak.

Apa saja 5 universitas yang menawarkan program studi Bahasa Indonesia tersebut? Simak daftar di bawah ini, ya!

1. Yale University, Amerika Serikat

Yale University merupakan universitas bergengsi di Connecticut, Amerika Serikat. Di bawah naungan Council of Southeast Asia Studies, Yale University menyediakan jurusan Studi Kajian Bahasa Indonesia atau Indonesian Language Studies. Tenaga pengajar jurusan ini juga merupakan orang indonesia asli.

2. Tokyo University for Foreign Studies, Jepang

Tokyo University for Foreign Studies punya reputasi kuat di bidang riset mengenai kajian bahasa dan isu internasional. Disini terdapat 26 bahasa asing yang ditawarkan termasuk bahasa Indonesia. Selain mempelajari bahasa Indonesia, Isu-isu domestik maupun hubungan politik Indonesia dengan negara-negara lain juga ikut dikaji.

3. Leiden University, Belanda

Di Laiden University, kajian Indonesia berada di Faculty of Humanities, tepatnya School of Asian Studies dan masuk pada studi kawasan Asia dan Timur Tengah. Banyak mahasiswa Eropa belajar mengenai bahasa dan kebudayaan Indonesia, bahkan kajian mengenai negara Indonesia sering jadi topik riset pilihan para mahasiswa.

4. Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan

Hankuk University of Foreign Studies punya jurusan yang khusu menangani Bahasa Indonesia. Studi mengenai bahasa Indonesia bahkan berada di dua departemen berbeda yaitu College of Oriental Languages di Departemen of Malay-Indonesian dan College of Interpretation and Translation di Departemen of Malay-Indonesian Interpretation and Translation.

5. SOAS University of London, Inggris

SOAS University of London merupakan universitas riset yang memiliki fokus terhadap kajian diplomasi, studi kawasan Asia dan Afrika. Salah satu program studi yang ditawarkan adalah Indonesia Studies atau Kajian Indonesia. Disini mahasiswa asing akan mempelajari bahasa secara intensif dengan menganalisa dan mempelajari Indonesia secara keseluruhan.

Sumber: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *