Alasan Kenapa Kamu Sulit Memaafkan Orang Lain

oleh -39 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagian orang berpendapat bahwa memaafkan dapat merendahkan harga diri, dan menunjukkan kelemahan. Nah, alasan seseorang sulit memaafkan kesalahan orang lain adalah takut dianggap dirinya lemah. Jadi, agar terlihat tegar dan nampak sebagai pribadi yang kuat, kamu pun menjadi sulit memaafkan kesalahan orang lain. (herdi)

1. Kebiasaan Mengenang Masa Lalu

Ketika seseorang berbuat salah sama kamu di masa lalu, mungkin kamu mengingat dan memutar kejadian itu di otak terus menerus.

Kamu mungkin mengulang-ulangi terus kejadian itu selama berjam-jam. Bahkan mungkin kamu berkhayal kembali lagi ke masa lalu, memikirkan apa yang harusnya dilakukan saat itu.

2. Ego yang Tinggi

Kadang seseorang punya ego sedemikian tinggi, sampai-sampai susah berempati sama orang.

Saat kamu disalahi, kamu mungkin merasa begitu tersakiti, sampai nggak mau mendengar penyesalan dan kata maaf dari orang lain. Kamu merasa sangat berhak untuk nggak memaafkan, karena kamu pantas diperlakukan lebih baik.

3. Pelaku Tidak Merasa Menyesal atau Bersalah

Alasan lain kenapa susah maafin orang… ya karena orang itu nggak menyesal.

Kamu udah berusaha maafin kesalahan dia, kamu udah nggak mengungkit-ungkit. Ehhhh mentang-mentang dimaafin terus, dianya malah nggak kapok-kapok. Kesalahannya malah diulang terus.

Ada lagi tuh orang yang ngerasa perbuatannya nggak salah. Dia malah nuduh kamu lebay dan drama. Atau kalaupun minta maaf, minta maafnya dilakukan secara ogah-ogahan. Cuma demi menyelamatkan muka di antara teman kerja, misalnya.

4. Merasa Dapat Balas Dendam

Mungkin moto hidupmu “mata dibalas mata” karena kalau kamu merasa dapat membalas dendam ke orang yang menyakitimu sampai semua terbayar, mungkin kamu perlu hati-hati karena kalau pelaku tidak merasa bersalah. Akhirnya dia nggak rugi, alhasil kamu sendiri yang akan stres menyimpan dendam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *