,

Apa Kamu Orang yang Highly Sensetive Person?

oleh -158 views
Highly Sensitive Person

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita sudah akrab dengan istilah “baperan” atau malah disebut “lebay” ketika terlalu sensitif dalam merespon berbagai situasi. Ingatlah bahwa ini merupakan ciri atau tipe kepribadian yang kita miliki dan bukanlah sebuah kesalahan ataupun gangguan.

Ciri-Ciri Pada Orang Berkepribadian HSP

Seorang psikolog bernama Dr. Elaine Aron melalui penilitiannya bahkan menyatakan sekitar 20% orang termasuk ke dalam “Highly Sensitive Person” atau mereka yang memiliki tingkat sensitifitas di atas rata rata. Orang yang berkepribadian HSP memiliki beberapa ciri, yaitu :

  1. Memiliki perasaan yang banyak tentang berbagai hal, tetapi menyembunyikan emosi itu dari orang lain. Biasanya orang dengan kepribadian ini cukup belajar untuk meredam emosi. 
  2. Merasa atau terlihat tidak nyaman dalam situasi kelompok, seperti rapat kerja, pesta, atau berkumpul dengan orang banyak lainnya. Pasalnya, situasi ini terlalu melibatkan banyak stimulasi, seperti suara keras dan banyak orang yang berbicara. Namun, bukan berarti orang dengan kepribadian ini tidak menghargai pertemuan atau silaturahmi. 
  3. Saat memulai hubungan baru, orang dengan kepribadian highly sensitive person akan mencari jaminan. Pasalnya ia hipersensitif terhadap tanda-tanda penolakan

Highly Sensitive person juga tidak sama dengan baper, lebay, pemalu, dan seorang dengan ekspresi yang berlebihan loh!

Mereka yang HSP tidak selalu pribadi yang mudah menangis ataupun ekspresif. HSP memiliki dua aspek, yaitu kepekaan sensori (sensitive dengan pengalaman indrawi seperti suara, gambar, tekstur) dan juga kepekaan emosional (empati, imajinatif, kreatif) bisa jadi kamu memiiki salah satu atau kombinasi diantaranya.

Pahami Hal-Hal Berikut Untuk Kamu yang HSP

Namun tidak semua sensitivitas ini muncul begitu saja, ada juga mereka yang HSP tapi tidak terlihat. Pahami hal-hal berikut!

  • Ingatlah bahwa kamu tidak “sakit” tapi memiliki kepekaan yang tinggi dan itu adalah hal yang wajar dan bermanfaat dalam berbagai situasi.
  • Belajarlah untuk menempatkan intensitas kepekaanmu secara tepa, karena jika orang laintidak memahaminya mereka akan cenderung “melebel”
  • HSP juga identik dengan self sacrifice atau pengorbanan diri dengan menahan perasaannya yang sensitive, untuk itu kamu perlu menemukan orang yang tepat dalam berbagai kisah.
  • Manfaatkan sensitivitasmu untuk menjadi pendengar yang baik atau penganalisa beberapa hal penting dalam lingkungan sosial maupun pekerjaan.

Cara Meminimalisir HSP

Karena ini merupakan sifat kepribadian daripada gangguan kesehatan mental, belum diketahui apakah ada pengobatan khusus untuk sensitivitas tinggi. Namun, karena sifat ini sering kali disertai dengan tantangan emosional atau interpersonal (dan mungkin muncul bersamaan dengan kecemasan dan depresi), mungkin terapi bicara dapat bermanfaat untuk kesejahteraan batin orang dengan sensitivitas tinggi secara keseluruhan . 

merawat diri sangat penting untuk orang dengan kepribadian ini, terutama saat berada pada situasi yang penuh tekanan. Cukup tidur, makan makanan yang sehat, membatasi kafein dan alkohol, dan merencanakan waktu dekompresi bisa menjadi strategi yang bermanfaat. 

membicarakannya dengan temanterpercaya juga bisa membantu mengatasi tekanan. Atau bisa saja langsung membicarakannya dengan psikolog untuk dapat mengatasi peningkatan respon emosional terhadap stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *