Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

oleh -103 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di bagian bawah tulang rusuk. Ginjal berperan untuk menyaring produk limbah, kelebihan dan kotoran lain dari darah. Organ tubuh yang satu ini juga berfungsi mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Serta, ginjal bertanggung jawab mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu penyerapan kalsium untuk mengatur fungsi otot dan membangun tulang. Nah, penting banget kan peranan ginjal ini, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan. (tika)

1. Menjaga berat badan ideal

Cara untuk menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Massa badan yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang bisa berdampak kepada kesehatan ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan secara ideal, dengan rajin berolahraga dan menjaga pola makan sehat. Sesekali periksalah dengan menghitung BMI.

2. Minum air yang cukup

Kamu juga jangan lupa untuk menjaga kebutuhan air yang cukup. Hal ini karena minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Kamu bisa mengecek dengan melihat warna urine. Jika urine berwarna jerami atau lebih gelap, artinya mungkin tanda dehidrasi. Kamu juga perlu lebih banyak cairan pada cuaca yang panas dan saat berolahraga karena untuk mengganti cairan yanh hilang.

3. Perhatikan tekanan darah

Selanjutnya, kamu juga perlu mengecek secara berkala tekanan darahmu. Tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala namun dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung. Tekanan darah yang ideal yaitu antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Jika tekanan darah lebih tinggi dari normalnya, cobalah untuk konsultasikan ke dokter dan juga merubah pola hidup menjadi lebih sehat.

4. Membatasi asupan garam

Apakah kamu tahu kalau makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan sodium bisa menaikkan tekanan darah? Nah, apabila tekanan darah bisa meningkat secara tiba-tiba, maka hal tersebut akan merusak pembuluh darah dan memberatkan kerja ginjal. Maka dari itu, kamu bisa menjaga asupan garam agar membuat ginjal tetap sehat. Kamu bisa mengganti kandungan sodium dengan bawang. Karena bawang mengandung quercetin yang dapat mengoptimalkan fungsi ginjal.

Nah, itulah cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan agar ginjalmu tetap sehat.

Baca juga:

Cara Mengatasi Fungal Acne yang Tepat

Rekomendasi Serum Anti Aging Brand Lokal

Ini Manfaat Arang Untuk Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.