Begini Rangkaian Skincare Saat Berjerawat

oleh -84 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika sedang breakout atau berjerawat seringkali membuat bingung harus menggunakan skincare seperti apa. Faktor-faktor nya pun beragam mulai dari pola makan tidak sehat, kurang bersih ketika membersihkan wajah, produk yang tidak cocok hingga faktor genetik. Nah, namun kamu jangan panik dan langsung ingin mencoba semua skincare dengan label jerawat. Yang terpenting, kamu harus penuhi kebutuhan basic terlebih dahulu dan memahami urutannya. Berikut ini rangkaian skincare saat berjerawat yang bisa kamu lakukan. (tika)

1. Double cleansing

Langkah pertama dari rangkaian yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan double cleansing. Double cleansing adalah cara yang dapat membuat kotoran terangkat yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori penyebab jerawat. Kamu bisa gunakan micellar water yang water based. Hindari double cleansing dengan berbahan dasar minyak karena khawatir justru memicu masalah jerawat.

2. Gunakan face wash

Setelah membersihkan wajah menggunakan micellar water, kamu tetap perlu membersihkan kedua kali dengan facial wash favoritmu. Hal ini agar wajahmu menjadi benar-benar bersih sehingga jerawat tidak datang lagi. Namun, kamu juga harus perhatikan jenis facial wash, cobalah untuk menggunakan facial wash yang lembut. Alangkah baiknya, menggunakan facial wash yang lembut khusus acne prone agar tidak membuat kulit menjadi kering.

3. Toner

Setelah wajah bersih, kamu perlu menggunakan toner yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Toner berfungsi menyeimbangkan pH kulit dan menyegarkan wajah. Kamu bisa memilih toner dengan kandungan tea tree atau salicylic acid yang juga dapat membantu mengatasi jerawat hingga ke pori-pori. Serta, dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

4. Serum

Selanjutnya kamu bisa melangkah ke bagian serum. Untuk membantu mengatasi masalah jerawat, kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Kandungan ini bermanfaat untuk menutrisi wajah, melembapkan, dan mengobati masalah jerawat di wajah. Kamu juga bisa menggunakan serum dengan bahan adapalene, BHA, benzoyl peroxide dan niacinamide yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Pelembap ringan

Setelah menggunakan serum, kamu bisa melanjutkan tahap menggunakan pelembap. Gunakanlah jenis pelembap yang ringan dan bebas minyak. Juga memiliki tekstur gel agar dapat menghidrasi kulit dan tidak banyak memproduksi sebum berlebih. Cobalah gunakan pelmbap dengan bahan hyaluronic acid, glycerin atau ceramide.

Nah, itulah rangkaian skincare saat berjerawat yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa menggunakan obat totol pada titik di mana ada jerawat. Tidak lupa juga untuk menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari agar tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca juga:

Rekomendasi Masker Bibir Di Bawah Rp 50 Ribu

Manfaat Makan Telur Rebus Di Pagi Hari

Ini Ide Menu Sarapan Sehat yang Bisa Kamu Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *