Cara Memaafkan Orang Lain dengan Tulus dari Hati

oleh -26 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apa itu memafkan? Memaafkan berarti berhenti mengenang rasa sakit dari perbuatan yang kamu rasakan.

Berarti kamu mau berhenti mengungkit rasa sakit yang kamu alami, dan selalu mengingatkan diri kamu sendiri untuk berhenti mengenang hal yang bikin kamu sakit. (herdi)

Nah… Ini dia beberapa cara untuk kamu yang cuman bisa memafkan dari mulut dan tidak dari hati!

1. Ingatlah Bahwa Kita Semua Pasti Pernah Salah

Namanya juga manusia, pasti pernah mengalami kesalahan karena itu manusiawi untuk salah, lupa, dan ceroboh. Kamu Cuma perlu memahami kalau perbuatannya normal, siapa tau kalau orang itu tidak sengaja iya kan.

Segala perbuatan ada batasnya, juga kesalahan apa itu termasuk kesalahan yang bisa dimaklumi atau kesalahan yang nggak bisa dimaafkan. Itu balik lagi ke dirimu sendiri, sebesar apa kesabaranmu untuk dapat memaafkan orang lain?

2. Anggap Seperti Angin yang Berlalu

Cara barusan tadi efektif kalo orang yang salah itu meminta maaf. Nah, gimana kalo dianya nggak menyesal? Kalo nggak mau minta maaf? Sebel emang kalo dianya salah dan dia nggak sadar. Tapi mengingat-ingat kesalahannya terus nggak membuatmu merasa lebih baik.

Lagian kalo kamu terus mengenang kejadian menyakitkan yang udah berlalu, kamu membiarkan rasa sakitnya terus ada. Kalo luka dikorek terus, kapan sembuhnya?

Makanya, relakan kesalahan yang udah terlanjur terjadi. Anggap saja itu seperti angin yang berlalu. Toh kejadiannya udah lewat, dan kamu nggak bisa balik ke masa lalu kan?

Merelakan kesalahan orang lain, atau merelakan kejadian buruk yang udah berlalu, akan membantu mengurangi sakit hatimu.

3. Hentikan Pikiran Untuk Membalas Dendam

Jika orang lain melakukan kesalahan, kamu selalu bisa memilih untuk nggak ngebales.

Saya sering ngeliat orang pacaran yang melakukan “balas dendam” ke pacarnya untuk kesalahan sepele. Misalnya si pacar pergi sama temen tapi nggak bilang, terus besoknya dia juga ikut kayak gitu, pergi juga dan sengaja nggak bilang, dalam rangka balas dendam.

Balas dendam bahkan untuk kesalahan  sepele akan membuat hubungan jadi keruh. Inilah yang bikin sebuah hubungan jadi toxic, karena kedua pasangan berusaha mengimbangi rasa sakit yang pasangannya torehkan.

4. Biarkan Waktu yang Membantumu Memaafkan

Bila memang sulit menganggap kesalahan orang lain seperti angina berlalu, ya mau apa lagi? Kalau emang sudah begitu maka biarkan waktu yang memaafkannya dengan perlahan.

Kalau perlu beri jarak dengan dia sampai kamu tenang dan bisa menerima dia, kalau kamu sudah gedeg dengannya langsung bilang ke orangnya kalau perbuatannya membuatmu tersinggung.

Itu tadi beberapa cara agar kamu bisa memaafkan orang lain dengan tulus dari hati, semoga bisa membantu kamu untuk bisa memaafkan orang lain.

Memaafkan berarti memindahkan fokus dari menyalahkan orang lain karena menyakiti kamu, menuju ke proses menyembuhkan luka di hatimu. Ketika kamu memilih memaafkan, kamu secara aktif lebih memperhatikan hati dan perasaanmu, membuatmu lebih siap menyembuhkan rasa sakit yang kamu alami.

Memaafkan berarti berhenti berandai-andai kembali ke masa lalu, dan berhenti berkhayal tentang gimana cara membalas rasa sakit itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *