Cara Mengatasi Fungal Acne yang Tepat

oleh -180 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahukah kamuapa itu fungal acne? Bagi yang belum tahu, fungal acne adalah infeksi pada folikel rambut dan bisa muncul di bagian kulit manapun. Fungal acne bukan hanya muncul pada wajah saja namun bisa muncul di mana saja dengan bentuk dan ukuran yang beragam dan rasa yang gatal. Cara menghilangkan fungal acne yaitu dengan mengembalikan keseimbangan jamur dan bakteri pada kulit. Nah, berikut ini cara mengatasi fungal acne yang tepat. (tika)

1. Menjaga kebersihan

Hal pertama untuk mengatasi fungal acne adalah dengan menjaga kebersihan wajah dan tubuh. Selalu menjaga kebersihan seperti mandi sehari dua kali dan cuci muka pada pagi dan malam hari. Menurut American College of Clinical Pharmacy mengatakan gunakan pembersih wajah yang ringan, lembut, dan cocok untuk kulit sensitif.

2. Menggunakan perawatan antijamur over the counter

Perawatan anti jamur over the counter atau OTC sering dilakukan oleh penderita fungal acne. Biasanya caranya dengan mengoleskan krim atau salep anti jamur yang tersedia di pasaran. Kamu bisa menggunakan krim atau salep antijamur yang mengandung krim ketoconnazole, butenafine, atau clotrimazole. Ketiga kandungan tersebut mampu mengatasi permaslahan fungal acne.

3. Pola makan sehat

Cara menghilangkan fungal acne selanjutnya yaitu dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Hal ini karena jamur penyebab fungal acne dapat berkembang biak karena endapat asupan dari makanan tinggi karbohidrat dan gula. Oleh karena itu, makan dengan pola yang seimbang dengan mengonsumsi buah, sayur, dan protein supaya pertumbuhan jamur yang berlebih bisa mereda.

4. Obat antijamur oral

Apabila cara menghilangkan fungal acne seperti di atas sudah kamu lakukan namun tidak kunjung sembuh. Kamu bisa mengkonsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Nantinya dokter akan menganalisis lama kemunculan jerawat jamur, pengobatan, dan gejala fungal acne yang di alami. Dokter akan memberikan obat oral atau obat minum berupa itraconazole atau fluconazole juga mungkin akan di berikan oleh dokter.

Nah, itulah cara mengatasi fungal acne yang bisa kamu lakukan.

Baca juga:

Rekomendasi Serum Anti Aging Brand Lokal

Ini Manfaat Arang Untuk Kecantikan

Mitos Seputar Skincare yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *