Cara Mengatasi Sifat Impulsif Saat Belanja

oleh -58 views
source: intothegloss.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo siapa nih yang suka kalap kalo belanja? Ketika sudah tiba di pusat perbelanjaan terkadang kita suka lupa tujuannya ingin membeli apa. Apalagi sekarang di mudahkan dengan adanya e-commerce yang memudahkan untuk berbelanja dari rumah dan hanya melalui smartphone saja. Kali ini kita akan bahas cara mengatasi sifat impulsif saat belanja. (tika)

1. Membuat perencanaan belanja

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat daftar perencaan yang akan kamu beli. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu. Hal ini akan membantu kamu membeli barang secukupnya dan fokus untuk mencari yang kamu butuhkan. Hal ini juga menghindari kamu dari membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

2. Mengetahui tujuan belanja

Setelah menulis perencanaan yang akan kamu belanjakan, sebaiknya kamu juga harus mengetahui tujuan untuk berbelanja. Hal ini agar lebih terkontrol dan tidak berbelanja secara impulsif. Pikirkan sejenak apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Hal ini bertujuan agar kamu menghindari emosi sesaat.

3. Mengendalikan emosi

Selanjutnya kita harus mengendalikan diri dan melatih emosi kita untuk berbelanja. Sebaiknya saat ingin menggunakan uang kita harus mengontrol emosi dan fokus agar tidak membelanjakan barang sesuka hati. Tentunya ada saja godaan ketika sedang melihat barang secara langsung ataupun secara online. Namun, setelah perhatikan kebutuhan, kita juga jangan memaksakan kondisi keuangan kita.

4. Selalu bersyukur

Jangan lupa untuk selalu bberyukur untuk apa yaang telah kita miliki. Hal ini adalah salah satu hal terpenting untuk mengingat agar kita tidak impulsif saat berbelanja. Dengan bersyukur, kita juga merasa cukup dengan yang kita punya dan menahan diri dari berbelanja secara berlebihan apalagi yang tidak kita butuhkan.

Nah, itulah cara mengatasi sifat impulsif saat belanja yang bisa kamu terapkan dalam sehari-hari. Apakah kamu sudah bijak ketika berbelanja?

Baca juga:

Fakta Menarik Tentang Lucid Dream

Aktivitas Ramah Lingkungan Dalam Sehari-hari (Bagian 2)

Ini 5 Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.