, ,

Dependence! Merasa Katergantungan Pada Orang Lain?

oleh -64 views
Dependent

ZETIZEN RADAR CIREBON – Entah dalam hubungan percintaan, sosial, maupun pekerjaan. Perasaan ini bisa saja muncul dan menghambat diri sendiri dalam bertumbuh. (herdi)

Dependence adalah perasaan ketergantungan pada orang lain. Ciri perilakunya biasanya di ikuti sikap tidak bisa memutuskan segala sesuatunya sendiri, cenderung takut memilih dan takut salah dalam memutuskan segala sesuatunya.

Penyebab perasaan ini muncul bisa sangat beragam, salah satunya yang paling sering adalah “rujukan pengalaman di masa lalu” Contohnya, ketika kecil mempunyai figur otoritas (orang tua, guru) yang mengendalikan sebagian besar keputusan, bahkan sampai hal terkecil sekalipun.

Seperti dalam hal memilih makanan, pakaian, kesukaannya selalu harus melalui persetujuan orang lain. Pola asuh yang otoriter dan overprotektif jugabisa mempengaruhi hal ini.

Selain itu, kurang bisanya kita menerima kesalahan di masa lalu, juga bisa memunculkan perasaan ini. Terbayang-bayang di salahkan, dan untuk menghindarinya, tanpa sadar kita memerlukan bantuan orang lain untuk memutuskan.

Dampaknya kita akan menjadi pribadi yang kurang mandiri dan kurang tegas di banyak keputusan. Pertanyaannya sekarang, hidup yang kita jalani saat ini, apakah kita yang memegang kendali?

Tanda-tanda kamu memiliki gangguan ketergantungan oleh orang lain, yaitu :

  1. Mangalami kesulitan dalam mengambil keputusan setiap hari tanpa adanya nasehat ataupun penentraman dari orang lain.
  2. Membutuhkan orang lain untuk menerima tanggung jawab dalam sebagaian besar bidang utama kehidupannya.
  3. Memiliki kesulitan untuk mengekspresikan ketidak setujuannya.
  4. Memiliki kesulitan untuk memulai proyek ataupun melakukan hal yang berhubungan dengan diri sendiri.
  5. Berusaha berlebihan untuk mendapatkan asuhan dan dukungan dari orang lain.
  6. Merasa tidak nyaman dan juga tidak berdaya ketika sendirian, karena merasa takut tidak mampu untuk merawat diri sendiri.
  7. Segera mencari hubungan dengan orang lain sebagai sumber pengasuhan, ketika ada hubungan dekatnya berakhir.
  8. Secara tidak realistic terokupasi pada rasa takut di tinggal untuk merawat diri sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? yang harus kita pahami bersama adalah kita akan selalu membutuhkan dan di butuhkan oleh orang lain, tapi tetap dalam takaran yang sesuai dan wajar.

Berikut ini adalah tips untuk membangkitkan kesadaran diri dan meminimalisir perasaan ketergantungan!

1. Perbaiki Mindsetmu Mengenai Kegagalan

Kesuksesan instan memanglah sesuatu yang semua orang inginkan, hidup yang berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan, tapi nyatanya tidak semua manusia bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasinya, jadi wajar bila kamu merasa akan gagal karena itu merupakan bagian dari kesuksesan. Ambil pelajaran dari kegagalanmu, sekecil apapun itu ambil hikmahnya dan mencoba lagi.

2. Mulailah Memutuskan dari Hal-Hal Sederhana

Tak perlu langsung lepas tangan dari orang lain, kamu juga bisa meminta bantuan atau saran dari orang lain untuk membantumu memilih. Tapi mulailah untuk memutuskan sesuatu sendiri dari hal-hal yang sederhana, seperti kamu ingin makan apa, ingin memakai baju apa. Seiring berjalannya waktu mulailah memutuskan hal yang lebih serius.

3. Belajar Bertanggung Jawab Atas Keputusanmu

Setiap keputusan yang kamu buat pasti akan mengakibatkan sesuatu, entah buruk atau baik. Bila akibat yang kita terima baik, itu merupakan pencapaianmu. Namun masalahnya bila kamu mendapatkan hal buruk, kamu harus memperkuat diri agar tidak berlama-lama terpuruk. Perlu di ingat, semuanya butuh proses dan cobalah menikmati itu walau susah maupun senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.