Energy Management! Bukan Hanya Waktumu Tapi Energimu Juga

oleh -113 views
mengelola energi
A beautiful woman wearing a long-sleeved white shirt sitting at a coffee shop.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mungkin kamu sering mendengar istilah “ time management” atau bagaimana kita di minta untuk mengelola waktu secara baik agar menjadi lebih produktif dalam berbagai hal. Tapi suatu hal yang sering terlewat adalah bagaimana kita menegelola energy dalam setiap hal yang kita lakukan. (herdi)

personal energy management adalah sebuah cara untuk menyadari seberapa banyak energi mental dan fisik yang kamu miliki untuk melakukan aktivitas yang telah di rencanakan.

Teknik manajemen ini sering di kaitkan dengan time management. Masalahnya, jika hanya memanfaatkan manajemen waktu, seseorang akan mengabaikan kesehatan psikis dan emosionalnya.

Karena sekalipun kamu memiliki banyak waktu yang tersisa tapi energimu sudah tidak, maka tidak akan banyak yang bisa kamu lakukan. Bayangkan kamu seperti smartphone yang lowbat, maka “kepintaran” yang semestinta bisa di lakukan tidak bisa efektif untuk digunakan.

Dampak Tidak Mengelola Energi

  1. Menjadi mudah lelah, padahal masih banyak waktu yang tersisa tapi energi dalam tubuh sudah habis karena kamu terlalu tergesah-gesah di awal.
  2. Merasa tidak produktif,  banyak membuang waktu untuk hal yang menurutmu tidak penting dan mengabbaikan hal utama.
  3. kehilangan banyak kesempatan dan momen berharga, baik dalam pekerjaan maupun sosialisasi.
  4. Kualitas diri menurun, baik dalam kinerja maupun hubungan baik dengan orang lain.

Setiap orang memiliki waktu yang sama dan terbatas, namun energi yang kita miliki bisa berbeda-beda tergantung bagaimana kita memfokuskannya dan membaginya secara tepat.

4 Dimensi Energi Pribadi

Sebenarnya, ada empat dimensi energi pribadi yang harus selalu kamu pertimbangkan, yakni physical energy, emotional energy, mental energy, dan spiritual energy.Dengan menguasai personal energy management, mengatur waktu untuk mengembalikan keempat dimensi energi tersebut akan menjadi lebih ringan.Melansir Positive Tenacity, berikut adalah cara-cara terbaik untuk memulihkan keempat dimensi energi tersebut.

Physical Energi (Energi Fisik)

Dalam personal energy management, physical energy atau energi fisik, mengacu pada kebugaran jasmani.Cara terbaik untuk mengembalikan dimensi energi ini ada beragam.

Contohnya adalah dengan tidak mengonsumsi alkohol atau kopi secara berlebihan.Selain itu, sebagai pekerja, kamu harus mengatur waktu tidur yang cukup dan mulai mengonsumsi jenis makanan yang lebih sehat.Bila di kantor, yang bisa kamu lakukan adalah untuk mengambil jeda dan beristirahat di meja jika mulai merasa letih.

Emotional Energy (energy Emosional)

Selain physical energy, dimensi energi yang perlu kamu kelola adalah emotional energy atau energi emosional.Cara untuk memulihkan energi emosional tidak semudah yang di lihat.

Kamu harus memiliki mindset yang baik dan menjauhkan diri dari emosi negatif.Selain itu, coba isi hari-hari di tempat kerja dengan menyebarkan emosi yang positif. Contohnya, berikan apresiasi pada rekan kerja yang sukses dan bersosialisasi dengan orang-orang baru di kantor.

Mental Enegy (Energi Psikis)

Dalam personal energy management, mental energy atau energi psikis, adalah dimensi energi yang paling sering di lupakan. Kebanyakan orang lupa untuk menghargai energi psikis, sehingga pada akhirnya mereka mengalami stres dan burnout. Maka dari itu, coba kenali kondisi mentalmu dan segera ambil rehat bila di rasa energi psikis sudah mulai terkuras.Kamu juga bisa, lho, memulai dari hal-hal kecil. Misalnya, berhenti bekerja di atas jam 6 malam, atau hanya membalas email pekerjaan bila kamu sedang dalam jam produktif.

Spiritual Energy (Energi Spiritual)

Dimensi energi pribadi berikutnya adalah spiritual energy atau energi spiritual.Energi ini akan terkuras bila kamu tidak melakukan kegiatan yang sejalan dengan nilai yang di pegang teguh.Maka dari itu, cara-cara efektif untuk memulihkan dimensi energi ini adalah dengan melaksanakan aktivitas yang akan memuaskan passion dan nilai-nilaimu.

Selain itu, kamu bisa mengalokasikan 20 menit terakhir saat sedang commuting untuk beristirahat dan santai.Tujuannya adalah agar kamu dapat menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dengan kondisi yang segar karena energimu sudah kembali.

Cara Mengelola Energi

  1. Membuat Action Plan, merencenakan apa yang ingin kamu lakukan setiapa harinya melalui To Do List.
  2. Fokuskan energimu pada beberapa hal,  Jangan ingin melakukan semuanya secara bersamaan.
  3. Recharge kembali energimu dengan melakukan hal yang kamu sukai dan mebuatmu bersemangat.
  4. Terkoneksilah dengan orang-orang yang penting bagi hidupmu, ini juga akan membuatmu mengisi energimu kembali.

Energi tambahan bisa kita dapatkan melalui tiga hal, apa yang kita makan, gerakan fisik, dan juga istirahat yang cukup. Jadi pilihlah makanan yang sehat, lakukan aktifitas rutin berolahraga dan jangan lupa untuk tidur untuk beristirahat. Dan di samping itu semua kita yang Bergama bisa menjernihkan pikiran dan mental dengan beribadah, maka dari itu jangan lupa untuk selalu beribadah tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.