Ini 5 Penyebab Kulit Wajah Kusam!

oleh -104 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki wajah yang kusam terasa mengganggu penampilan sehingga menjadi kurang percaya diri. Kulit yang kusam juga kelihatan lebih lelah dan juga tampak lebih tua. Salah satu tanda kulit yang kusam adalah kulit terasa kering dan tampak gelap dari biasanya. Nah, kali ini kita akan bahas apa saja sih penyebab kulit wajah kusam. Yuk langsung saja kita simak! (tika)

1. Penumpukan sel kulit mati

Penyebab kulit kusam yang pertama adalah adanya penumpukan sel kulit mati. Sel-sel kulit mati secara alami dapat mengelupas dan meregenerasi sel-sel baru setiap 28 hari atau lebih. Namun, ada juga sel-sel kulit mati yang tidak mengelupas sepenuhnya. Akibatnya, kulit menjadi terasa kering, bersisik, dan tampak kusam.

2. Terkena paparan sinar matahari

Selanjutnya yang dapat menyebabkan kulit kusam yaitu terkena paparan sinar matahari langsung secara berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya permasalahan kulit seperti kulit kasar, noda hitam, dan kulit kusam. Alasannya adalah sinar ultraviolet (UV) dapat berisiko memecah protein dalam kulit sekaligus merusak lapisan kulit. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen ya!

3. Pertambahan usia

Pertambahan usia juga salah satu penyebab kulit menjadi tampak lebih kusam. Karena seiring bertambahnya usia, proses meregenerasi kulit menjadi lebih lambat sehingga kehilangan elastisitasnya. Penuaan juga membuat kulit lebih sedikit memproduksi minyak alami. Hal ini membuat kulit tampak kering yang mengakibatkan munculnya keriput, garis halus, dan tidak bercahaya.

4. Kebiasaan tidak membersihkan wajah

Kebiasaan tidak membersihkan wajah dari makeup atau dari luar juga menjadi salah satu penyebab kulit menjadi tampak kusam. Membersihkan makeup apalagi ketika sudah mengantuk dan lelah terkadang sangat malas. Namun, kebiasaan ini harus kamu kurangi dan hentikan. Karena kebiasaan ini dapat membuat penumpukan kotoran dan makeup dan menyumbat pori-pori.

5. Kurang tidur

Kebiasaan lainnya yang bisa menyebabkan kulit kusam juga yaitu kebiasaan begadang dan kurang tidur. Kurang tidur juga membuat munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Sebaiknya hindari kebiasaan ini karena kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup. Serta, faktor stres juga bisa membuat kulit kusam. Maka dari itu, kelola stres dengan baik ya agar bisa menjaga kesehatan kulit.

Nah, itulah penyebab kulit wajah kusam yang bisa kamu hindari. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen ya.

Baca juga:

Beauty Hacks dari Bedak Bayi yang Bisa Kamu Coba

Rekomendasi Skincare Aman Untuk Remaja

Ini Bahan dalam Skincare yang Harus Kamu Hindari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.