Ini Bahan dalam Skincare yang Harus Kamu Hindari

oleh -103 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Merawat kulit wajah maupun tubuh sudah menjadi kewajiban setiap orang. Banyaknya produk membuat kamu bingung untuk menggunakan yang mana. Dalam produk skincare juga harus kamu perhatikan ingredients mana saja yang aman untuk kulit. Karena, ada beberapa penelitian tang menyebutkan bahwa kandungan bahan ini menyebabkan permasalahan kesehatan. Yuk langsung saja kita bahas bahan dalam skincare yang harus kamu hindari. (tika)

1. Hydroquinone

Pernahkah kamu mendengar hydroquinone? Bahan ini mudah kamu temukan sebagai pencerah wajah. FDA memperingati untuk kita agar berhati-hati dengan zat ini. Hal ini karena hydroquinone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Oleh karena itu, hydroquinone dilarang di berbagai negara, seperti Jepang, Australia, dan beberapa negara di Eropa.

2. Paraben

Umumnya paraben sering ditemukan di berbagai produk kecantikan, seperti make up, pelembap, skincare anti-aging dan lain-lain. Melansir dari idntimes, menurut FDA (Food and Drug Administration) ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan paraben dengan kanker payudara, kanker kulit, gangguan reproduksi dan sistem endokrin. Selain itu, menurut laman Consumer Health Digest juga menyebutkan efek samping paraben adalah reaksi alergi, dermatitis, dan kemerahan pada kulit.

3. Talc

Talc sering kamu temukan pada makeup seperti eye shadow, blush, dan bronzer. Untuk yang belum tahu, talc adalah mineral alami yang memiliki komposisi magnesium, silicon, oksigen dan hidrogen. Talc bisa menjadi zat yang berbahaya karena dapat mengandung asbestos, yaitu senyawa penyebab kanker. Menurut FDA, kita sebagai konsumen untuk bisa menghindari produk yang terbukti mengandung asbestos.

4. Merkuri

Merkuri juga salah satu kamu temukan pada produk yang mengklaim mencerahkan kulit. Dampak buruk merkuri adalah dapat merusak sistem saraf dan merusak ginjal. Selain itu, ibu hamil yang terpapar merkuri juga bisa membahayakan janin dalam kandungannya. Zat ini berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat metal yang berbahaya. Untuk itu, cari tahu skincare tersebut yang mengandung merkuri dan hindari ya.

5. Carbon black

Carbon black seringkali ada di dalam maskara, eye liner, ataupun lipstik. Zat ini berfungsi agar produk tersebut menjadu berwarna. Melansir dari sehatq, menurut The Environmental Working Group (EWG) bisa bersifat karsinogenik pada manusia. Para peneliti melakukannya untuk level para industrial di pabrik-pabrik. Namun, masih perlu penelitian yang lebih lanjut untuk dampak penggunaannya.

Nah, itulah bahan dalam skincare yang harus kamu hindari untuk menjaga kesehatanmu. Sebaiknya sebelum menggunakan produk kecantikan, pilihlah produksi dengan komposisi yang jelas .

Baca juga:

Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Ini Manfaat Beeswax Untuk Kesehatan

Rekomendasi Masker Organik di Bawah 50 Ribu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.