Ini Bahan yang Tidak Boleh Digunakan dengan Retinol

oleh -160 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyaknya skincare yang mengandung bahan aktif terkadang membuat kita bingung urutan memakainya. Ada beberapa bahan dalam skincare seperti retinol yang tidak boleh kamu gunakan secara bersamaan. Apabila bahan tersebut di pakai secara bersamaan, justru bisa membuat risiko kulit iritasi dan membuat kandungan skincare tidak memberikan efek yang baik. Maka dari itu, yuk kita bahas bahan yang tidak boleh digunakan dengan retinol secara bersamaan. (tika)

1. Retinol dan AHA/BHA

Yang pertama ada retinol, AHA, dan BHA yaitu bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit. Retinol dan AHA/BHA bisa untuk mengeksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Namun kandungan ini tidak boleh kamu gunakan bersamaan karena bisa membuat kulit menjadi kemerahan, mengelupas dan iritasi. Kamu tidak harus berhenti penggunaan bahan ini, kamu cukup menggunakannya secara bergantian atau secara berselang.

2. Retinol dan Benzoyl peroxide

Kandungan benzoyl peroxide biasa kita temui di produk perawatan jerawat. Namun perpaduan retinol dan benzoyl peroxie bukan membuat hasil menjadi lebih maksimal. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan menimbulkan beberapa permasalahan kulit salah satunya iritasi. Menurut penelitian, menggunakan bahan tersebut ssecara bersamaan akan mematikan khasiat zat aktif satu sama lain. Kamu bisa menggunakan produk benzoyl peroxide pada siang hari dan retinol pada malam hari.

3. Retinol dan Vitamin C

Selanjutnya bahan aktif retinol dan vitamin C juga tidak boleh kamu gunakan secara bersamaan lho. Hal ini karena retinol bekerja dalam kadar pH yang basa, sedangkan vitamin C dapat bekerja pada lingkungan yang asam. Jadi, apabila kedua bahan aktif ini kamu gunakan secara bersamaan, maka tidak dapat bekerja secara maksimal. Jika kamu tetap ingin menggunakan kandungan vitamin C, gunakan pada siang hari.

4. Retinol dan asam salisilat

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang dapat merangsang regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengurangi tanda penuaan. Sedangan asam salisilat atau salicylic acid dapat membantu meregenerasi kulit dan mengobati jerawat. Apabila kedua bahan tersebut kamu gunakan secara bersamaan, maka dapat berisiko menimbulkan masalah kulit. Kamu bisa gunakan asam salisilat pada siang hari dan retinol pada malam hari.

Nah, itulah bahan yang tidak boleh digunakan dengan retinol secara bersamaan.

Baca juga:

Manfaat Makan Telur Rebus Di Pagi Hari

Ini Bahaya Memakai Makeup Kedaluwarsa

Rekomendasi Masker Untuk Kulit Kusam (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.