Ini Manfaat Beeswax Untuk Kesehatan

oleh -215 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu tahu beeswax? Beeswax adalah lilin alami yang terbuat dari kelenjar air liur lebah madu. Biasanya beeswax berwarna putih, kuning, atau kecoklatan. Warna ini dihasilkan dari pencampuran minyak serbuk sari dan lilin di sarang lebah. Ternyata beeswax banyak manfaatnya lho, salah satunya di bidang kesehatan. Daripada penasaran yuk kita bahas saja manfaat beeswax untuk kesehatan. (tika)

1. Meredakan peradangan

Beeswax mengandung minyak, mineral, serta madu. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa beeswax dan madu dapat berperan sebagai sifat antiradang dan antibakteri. Sejak zaman dahulu madu dan beeswax di gunakan sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi masalah peradangan. Peradangan tersebut seperti luka bakar, luka ringan hingga eksim.

2. Menyuburkan rambut

Beeswax juga ternyata dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut, seperti membuat rambut lebih subur dan lebat. Hal ini karena beeswax mengandung propolis dan madu yang memberi nutrisi sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Namun, masih perlu studi yang lebih lanjut lagi.

3. Memperbaiki kulit pecah-pecah

Kulit kering dan membuat pecah-pecah sering terjadi pada tangan atau kaki terkadang membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan beeswax dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi pada kulit serta dapat melembapkan kulit. Nah, untuk kamu yang memiliki kulit pecah-pecah, kamu bisa gunakan pelembap yang mengandung beeswax.

4. Melindungi hati

Melansir dari hellosehat, ada sebuah penelitian dari Korean Journal of Internal Medicine pada tahun 2013 yang mengatakan beeswax mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi hati. Para peneliti juga mengatakan bahwa lilin lebah dapat membantu fungsi hati berjalan normal dan menurunkan gejala lemak hati.

Nah, itulah manfaat beeswax untuk kesehatan. Namun, sebaiknya gunakan secukupnya saja ya dan apabila terjadi alergi atau hal lainnya kamu bisa konsultasikan ke dokter.

Baca juga:

Manfaat Glutathione Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Rekomendasi Eye Cream Lokal Untuk Kantung Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.