Ini Rempah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan (Bagian 1)

oleh -119 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia memiliki rempah-rempah yang melimpah dan banyak manfaatnya. Rempah-rempah biasanya di gunakan sebagai penyedap rasa pada masakan. Namun, tahukah kamu kalau rempah-rempah juga punya manfaatnya masing-masing. Yuk kita kenalan sama rempah dan manfaatnya bagi kesehatan. (tika)

1. Bawang putih

Pasti kamu tahu dong bawang putih? Iya, bawang putih adalah salah satu rempah yang paling penting dalam masakan. Kalau tidak ada bawang putih dalam tumisan rasanya tidak lengkap. Selain untuk penyedap, bawang putih ternyata bermanfaat untuk meredakan gejala pilek lho. Kamu bisa menambahkan irisan bawang ke masakan saat pilek. Berbagai studi juga menambahkan kalau bawang putih berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

2. Bawang merah

Bukan hanya bawang putih saja yang berkhasiat untuk kesehatan, bawang merah pun tak kalah dalam segi manfaat. Bawang merah selain sedap sebagai menjadi bawang goreng, bawang merah juga bisa menurunkan risiko berbagai kanker. Bawang merah mengandung senyawa sulfur dan antioksidan flavonoidnya yang diperkirakan memiliki sifat antikanker.

3. Cengkeh

Rempah selanjutnya adalah cengkeh. Para ahli menemukan bahwa cengkeh memiliki efek antimikroba yang mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme termasuk bakteri Eschericia coli. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diare, kelelahan bahkan kematian. Selain itu, cengkeh juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut.

4. Ketumbar

Melansir dari sehatq, ada beberapa studi yang mengatakan bahwa biji ketumbar dapat mengendalikan kadar kolesterol. Ada sebuah studi pada hewan juga menemukan bahwa biji ketumbar dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol bai. Selain itu, biji ketumbar juga dapat mengontrol tekanan darah yang berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

5. Jahe

Jahe seringkali dijadikan minuman penghangat badan. Nah, ternyata jahe juga berkhasiat sebagai pereda mual lho. Jahe dapat mengatasi mual akibat mabuk laut, kemoterapi, dan morning sickness. Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk meredakan rasa sakit dan memiliki sifat anti radang. Wah, ternyata banyak ya manfaatnya jahe.

Nah, itulah rempah dan manfaatnya untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

Baca juga:

Manfaat Makan Apel Setiap Hari

Ini Manfaat Beeswax Untuk Kesehatan

Ini Buah dengan Kandungan Zat Besi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.