Ini Rempah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan (Bagian 2)

oleh -47 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIIREBON – Rempah-rempah banyak sekali manfaatnya. Banyak sekali jenis rempah-rempah mulai dari bentuk biji, daun, batang, maupun akar. Rempah-rempah digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Tak heran, masakan di Indonesia terkenal dengan rasanya yang lezat. Tetapi, bukan hanya sebagai penyedap, rempah-rempah juga punya manfaat lain di bidang kesehatan. Oleh karena itu, kali ini kita akan bahas tentang rempah dan manfaatnya bagi kesehatan. (tika)

1. Pala

Pala atau ground nutmeg seringkali menjadi olahan manisan. Rempah yang berasal dari Maluku ini bisa menjadi penyedap masakan. Namun, tahukah kamu kalau pala berkhasiat membantu proses metabolisme berjalan dengan baik di dalam tubuh. Caranya cukup iris atau parut bijinya dan jangan gunakan terlalu banyak pada masakan karena memiliki aroma yang kuat.

2. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang sering di gunakan untuk bumbu masakan dan pewarna alami. Rempah ini memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat antiradang. Kurkumin juga bisa membantu meningkatkan enzim atioksidan. Serta, kunyit juga dapat membantu mencegah alzheimer, meningkatkan fungsi otak dan meredakan radang sendi.

3. Kayu manis

Kayu manis seringkali menjadi rempah yang menambahkan aroma pada masakan atau kue kue. Ternyata kayu manis juga bermanfaat lho buat kesehatan. Hal ini karena kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang bisa melawan peradangan dan menurunkan kolesterol. Serta, kandungan antioksidannya juga bisa menurunkan trigliserida pada darah.

4. Serai

Serai atau biasa di sebut sereh juga salah satu rempah yang sering di gunakan untuk bahan-bahan masakan salah satunya pada sambel matah. Bukan hanya untuk penyedap masakan, serai juga dapat berkhasiat untuk kesehatan kita. Air serai hangat dapat bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan berkhasiat untuk meredakan rasa cemas. Selain itu, air rebusen sereh ini bermanfaat meredakan kram perut dan mengatasi tukak lambung.

Nah, itulah rempah – rempah dan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa kamu coba di rumah.

Baca juga:

Ini Rempah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan (Bagian 1)

Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

Manfaat Glutathione Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *