Insecure! Pengertian, penyebab, dan Solusinya

oleh -118 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Insecure adalah suatu perasaan tidak nyaman terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Biasanya ini di tandai oleh beberapa hal seperti perasaan takut yang berlebihan akan suatu hal, Bisa muncul beragam pikiran negative, tidak bisa keluar dari zona nyaman dan takut akan perubahan yang ada, dan cemas terhadap pandangan orang lain. (herdi)

Penyebab Insecure

Penyebabnya bisa beragam untuk setiap orang, bisa merupakan sebuah peristiwa spesifik atau akumulasi dari kebiasaan kurang baik.

Pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan (traumatic\Bullying)

Pada masa kanak-kana mungkin saja kita pernah menjadi korban bullying karena perbedaan. Korban bullying biasanya akan mudah merasa takut. Dalam jangka panjang, mereka akan mengalami kesulitan menjalin hubungan dengan siapa pun. Hal tersebut dapat memicu perasaan insecure.

Takut Terhadap Kegagalan dan Penolakan orang Lain

Salah satu penyebab utama rasa insecure adalah takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal dalam hidup, terkadang Anda hanya harus mengambil risiko tersebut.Sebab, ada lebih banyak hal yang bisa di pelajari dari kegagalan ketimbang keberhasilan. Jika Anda gigih, pada akhirnya kegagalan tersebut dapat Anda hindari.

Terlalu Perfeksionis

Anda mungkin menginginkan nilai tertinggi, pekerjaan terbaik, apartemen atau rumah dengan dekorasi paling indah, anak-anak sopan, atau pasangan yang ideal.Sayangnya, hidup tidak selalu menjadi seperti yang kita inginkan. Bahkan, jika kita sudah bekerja ekstra keras sekalipun.Jika terus-menerus kecewa dan menyalahkan diri sendiri karena sesuatu yang kurang sempurna, Anda akan mulai di bayangi oleh perasaan insecure.

Cara Pandang Diri atau Harga Diri yang Rendah

Perasaan kurang percaya diri biasanya di dasari rasa takut akan di evaluasi atau di nilai kurang oleh orang lain. Akibatnya, Anda akan menghindari situasi sosial dan mengalami perasaan insecure.

Kurang Berinteraksi Dengan Orang Lain

Kurangnya kita berinteraksi dengan orang lain juga bisa menyebabkan kita merasa insecure, karena bila kita sering menghindari interaksi dengan orang lain kita akan merasa rendah diri. Selalu terbayang-bayang tidak aman dan lebih rendah di bandingin orang lain.

Melepaskan Diri dari Insecure

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berlatih!

Menyadari, latihlah diri untuk sadar secara utuh terhadap masa kini, bukan masa lalu atau masa depan.

Melepaskan, ikhlaskan setiap kejadian di masa lalu dan hiduplah dengan cara yang lebih baik.

Upgrade Diri, terus belajar hal baru dan perbaharui kemampuan yang kita miliki.

Growth Mindset, buka wawasan dan kenali sekitar, hiduplah seimbang dan berdampingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.